Teknologi AI Bisa Bantu Tingkatkan Produktivitas dan Kreativitas Pengurus Karang Taruna

0 10

BSINews, Jakarta – Dosen-dosen dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berkolaborasi dengan anggota Karang Taruna RW 05 Tegal Parang menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada penerapan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence, AI) sebagai alat bantu untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengurus Karang Taruna. Acara ini diadakan pada Sabtu (18/6) di Balai RW 05 Tegal Parang, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pelatihan mengenai teknologi AI kepada pengurus Karang Taruna. Sehingga mereka dapat memanfaatkannya dalam berbagai aspek kegiatan organisasi, seperti pengelolaan data, pembuatan konten kreatif, dan optimalisasi kinerja administratif.

Baca juga: Tambah Wawasan Tentang AI, Universitas BSI Kampus Yogyakarta Akan Gelar Workshop Artificial Intelligence Untuk Guru

Rahayu Swastika, bertindak sebagai tutor memberikan materi terkait dasar-dasar AI, aplikasi praktis AI dalam kehidupan sehari-hari, serta studi kasus penggunaan AI dalam pengelolaan organisasi.

Dalam sambutannya, Ketua Karang taruna RW 05, Maulana Wahyudi, mengucapkan terima kasihnya kepada dosen Universitas BSI karena telah menggelar kegiatan tersebut di wilayahnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada para dosen dari Universitas BSI yang telah memilih RW 05 sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Dengan adanya pelatihan AI ini, kami berharap pengurus Karang Taruna dapat lebih kreatif dan produktif dalam menjalankan program-program kerja mereka,” kata Maulana.

Sementara itu, Ketua Pengabdian Masyarakat, Daniel menjelaskan bahwa Pengabdian Masyarakat menjadi salah satu kewajiban dari dosen yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Pengabdian masyarakat ini adalah bagian dari komitmen Universitas BSI untuk turut serta memajukan komunitas lokal melalui penerapan teknologi terkini. Kami berharap para peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan untuk kemajuan organisasi dan masyarakat di sekitar mereka,” jelasnya.

Acara ini dihadiri secara antusias oleh pengurus dan anggota Karang Taruna RW 05 Tegal Parang. Para peserta mengikuti setiap sesi pelatihan, yang juga disertai dengan praktik langsung penggunaan beberapa aplikasi AI.

Baca juga: Hadapi Era Artificial Intelligence, Prodi Sistem Informasi Universitas BSI Kampus Pontianak Tawarkan Berbagai Keunggulan

Salah satu peserta, Sadam, mencoba praktik implementasi AI dalam sesi praktik. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami dan sangat cocok atas teknologi yang berkembang saat ini,” kesannya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan bahwa sinergi antara institusi pendidikan tinggi dan komunitas lokal dapat terus ditingkatkan. Sehingga memberikan manfaat nyata bagi kedua belah pihak dan masyarakat secara umum.

Leave A Reply

Your email address will not be published.