Dosen Universitas BSI Gelar Pelatihan Public Speaking untuk Ibu-Ibu PKK di Ciracas

0 60

BSINews, Jakarta – Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika kembali menunjukkan komitmennya dalam pengabdian masyarakat dengan mengadakan pelatihan public speaking bagi sekitar 20 ibu-ibu anggota PKK RW 12 Taman Kampung Tangguh Ciracas, Jakarta Timur. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu, 19 Mei 2024 dan disambut dengan antusiasme tinggi oleh para peserta.

Baca juga: Universitas BSI Adakan Pelatihan Public Speaking untuk Pengabdian Masyarakat di Rumah Belajar PKBM JICT Jakarta Utara

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen, selain pendidikan, pengajaran, dan penelitian. Ketua tim Pengabdian Masyarakat (PM), Nanang Lidwan menjelaskan bahwa pelatihan public speaking ini diadakan berdasarkan keinginan dan kebutuhan para ibu-ibu anggota PKK yang sering diminta berbicara di depan publik dalam berbagai kegiatan.

“Kami memilih materi public speaking agar ibu-ibu PKK dapat meningkatkan keterampilan berbicara di muka umum, setidaknya mampu menguasai teknik sebagai Master of Ceremony (MC),” ujar Nanang yang memimpin kegiatan ini bersama tim yang terdiri dari Eni Saeni, Ellya Verawati dan Astuti Madewi.

Eni Saeni, yang bertindak sebagai tutor, menjelaskan bahwa public speaking merupakan seni yang membutuhkan latihan dan pemahaman teknik. Setiap orang memiliki karakter dan gaya unik saat menyampaikan materi, baik itu informasi, pesan hiburan, atau pesan yang mempengaruhi audiens.

“Latihan adalah kunci utama, karena dalam public speaking, kita pasti menghadapi masalah seperti gugup, tidak memahami teknik, dan kurang menguasai materi,” kata Eni.

Ia menekankan, pentingnya persiapan melalui latihan intensif, memahami teknik public speaking, dan menganggap demam panggung sebagai hal yang wajar. Eni dalam materinya, menjelaskan, bahwa pidato adalah seni berbicara di hadapan banyak orang dengan sifat persuasif yang mengajak atau membujuk pendengar untuk bertindak.

Baca juga: Universitas BSI Sukses Gelar Seminar Public Speaking  Product Knowledge Bersama TVRI

“Pelatihan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi para peserta, tetapi juga merupakan bagian dari upaya Universitas BSI untuk terus mendukung pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan,” ungkapnya.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.