Lele dan PowerPoint, Kolaborasi Tak Terduga dari Dosen Universitas BSI untuk Petani Lele Bekasi

0 13

BSINews, Bekasi – Siapa bilang teknologi dan perikanan tidak bisa berjalan beriringan? Buktinya, dosen-dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah membuktikan sebaliknya dengan menggelar pelatihan Microsoft PowerPoint untuk kelompok Tani Lele Sumber Jaya di Tambun Selatan, Bekasi. Acara yang unik ini berlangsung pada Minggu, 23 Mei 2024 dan dihadiri oleh 10 orang petani lele yang bersemangat untuk belajar.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 11.30 WIB ini dipandu oleh Eneng Iviq Hairo, seorang dosen Universitas BSI, bersama timnya yang terdiri dari Irwin Sukrisno, Isyana Emita, Rohani Lestari, dan dua mahasiswa yakni Tiara Zahira dan Tasya Berliana. Pelatihan ini bukan hanya sekadar belajar software, tapi juga tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan bisnis.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Pembuatan Bahan Presentasi Menarik Dengan Ms. Power Point

“Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan praktis tentang penggunaan PowerPoint untuk menyimpan materi, data, dan memberikan penjelasan kepada konsumen dengan cara yang lebih menarik dan efisien,” ujar Irwin Sukrisno, ketua pengabdian masyarakat.

Selama pelatihan, para petani lele belajar cara membuat presentasi yang menarik untuk mempromosikan produk mereka. Eneng menjelaskan bahwa PowerPoint adalah alat yang efektif untuk menciptakan penyajian data dan informasi yang sederhana namun menarik.

“Dengan menggunakan PowerPoint, penyajian kepada konsumen menjadi lebih profesional dibandingkan dengan cara manual,” katanya.

Isyana Emita menambahkan, melalui pelatihan ini, kami berharap kelompok Tani Lele Sumber Jaya bisa mengoptimalkan penggunaan PowerPoint sebagai sarana promosi produk mereka.

Tidak hanya mendapatkan ilmu baru, para petani lele juga menunjukkan antusiasme tinggi selama pelatihan. Mereka kini lebih percaya diri dalam mempromosikan produknya dengan cara yang lebih modern dan profesional. Dengan pengetahuan ini, diharapkan kelompok Tani Lele Sumber Jaya dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar dan menarik lebih banyak konsumen.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pemanfaatan Power Point Sebagai Media Presentasi Pada Remaja Pondok Tahfidz Qur’an Nurul Islam Bekasi

Pelatihan ini membuktikan bahwa teknologi dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk lokal. Dengan bimbingan dosen dan mahasiswa Universitas BSI, kelompok Tani Lele Sumber Jaya kini memiliki alat baru untuk mengembangkan usaha mereka.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.