Dosen Universitas BSI Berikan Edukasi tentang E-Learning kepada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak

0 12

BSINews, Pontianak — Pendidikan teknologi informasi semakin menemukan arah baru melalui pendekatan e-learning, dengan kolaborasi antar-lembaga pendidikan sebagai kunci penting dalam menghadapi tantangan ini. IKIP PGRI Pontianak menyelenggarakan kegiatan kuliah khusus bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI), yang dihadiri oleh Dosen Universitas BSI Kota Pontianak, Yoki Firmansyah sebagai dosen tamu.

Acara bertema “Tantangan E-Learning dalam Pembelajaran Informatika” digelar secara daring melalui platform Zoom pada hari Rabu, 29 Mei 2024, dimulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB dengan sambutan dari Dini Oktarika S.Kom, Ketua Program Studi PTI IKIP PGRI Pontianak.

Baca juga : Mahasiswi Universitas BSI Kampus Pontianak Raih Gelar Nasional Sebagai Putri Kampus Indonesia Catwalk 2024

Yoki Firmansyah memberikan wawasan mendalam tentang tantangan-tantangan yang dihadapi dalam e-learning, terutama dalam konteks pembelajaran informatika.  Ia menyoroti beberapa aspek krusial, termasuk infrastruktur teknologi yang dibutuhkan untuk e-learning seperti koneksi internet yang stabil, perangkat keras yang memadai, serta platform atau aplikasi pembelajaran yang user-friendly dan aman dari segi privasi.

“Pentingnya kesiapan dosen dan mahasiswa dalam mengadaptasi teknologi, dengan dosen perlu dilatih untuk menggunakan teknologi pembelajaran, sementara mahasiswa perlu memiliki keterampilan teknologi yang memadai untuk memanfaatkannya secara efektif,” ujar Yoki.

Ia juga menyoroti tantangan dalam mempertahankan tingkat interaksi dan keterlibatan yang tinggi dalam pembelajaran jarak jauh, yang sangat mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap materi. Tidak kalah pentingnya, tantangan dalam menyusun dan mengelola proses evaluasi dan pengukuran yang adil dan akurat dalam pembelajaran online.

Dosen Universitas BSI Berikan Edukasi tentang E-Learning

Menanggapi hal ini, Yoki mengaku sangat senang dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi tantangan e-learning dengan mahasiswa PTI IKIP PGRI Pontianak. Menurutnya, mahasiswa menunjukkan minat besar terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran, meskipun masih ada beberapa aspek teknis yang perlu ditingkatkan.

“Saya berharap agar kolaborasi antara Universitas BSI kampus  Pontianak dan IKIP PGRI Pontianak dapat terus berkembang dan menghasilkan inovasi baru dalam pendidikan teknologi informasi. Mahasiswa adalah aset penting bagi masa depan teknologi di Indonesia, dan mereka perlu disiapkan dengan baik untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks,” ungkapnya.

“Tantangan dalam e-learning adalah peluang untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan dukungan semua pihak, saya yakin kita dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif di masa depan,” tambahnya.

Baca juga : Dosen Universitas BSI Ikuti Pelatihan Kebebasan Ekonomi dan HAM Bersama INDEKS dan Friedrich Naumann Foundation

Sementara itu, dalam sambutannya Dini Oktarika mengatakan bahwa kerjasama antara IKIP PGRI Pontianak dan Universitas BSI kampus Pontianak dalam kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat yang nyata bagi perkembangan pendidikan teknologi informasi di daerah ini.

“Kami berharap, melalui pendekatan kolaboratif semacam ini, mahasiswa dapat lebih siap menghadapi perubahan dan tuntutan di era digital. Kegiatan kuliah dosen tamu ini bukan hanya memperkaya wawasan akademis mahasiswa, tetapi juga memperkuat jaringan kerja sama antar-lembaga pendidikan yang pada akhirnya akan menghasilkan lulusan yang lebih kompeten dan siap menghadapi tantangan global di bidang teknologi informasi,” tutupnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.