PKK Goes Digital: Dosen Universitas BSI Bantu Ibu-Ibu Bambu Apus Jadi Wirausaha Kreatif Lewat Media Sosial

0 42

BSINews, Jakarta – Di tengah hiruk-pikuk RPTRA Gebang Sari, Jalan Mini III, Kelurahan Bambu Apus, dosen-dosen keren dari Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar acara penyuluhan yang super kece. Mereka mengajak para ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur untuk melek digital dan jadi wirausaha kreatif dengan memanfaatkan media sosial, pada Jumat (8/6).

Dengan semangat, tim Pengabdian Masyarakat (PM) Universitas BSI yang diketuai oleh Woro Dwi Hartanti dan beranggotakan Gurharnawan, Fajri Ariandi, serta Hieronimus Erwin Indrawan, membagikan ilmu mereka tentang cara memulai dan mengembangkan bisnis kreatif lewat platform seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan Facebook.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pengenalan Chat GPT Sebagai Media Pembelajaran Mandiri

“Kita hidup di era yang sangat berbeda. Ibu-ibu zaman sekarang punya peluang besar untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana bisnis yang menguntungkan,” ungkap Woro Dwi Hartanti, penuh antusias.

Woro menambahkan, selain mengurangi dampak negatif, media sosial juga bisa membawa dampak positif, seperti memberikan informasi bermanfaat dan bahkan penghasilan tambahan.

Tidak hanya teori, penyuluhan ini juga masuk ke tahap praktek. Para peserta diajarkan cara membuat video singkat yang catchy, serta tips dan trik untuk membuat tampilan media sosial mereka lebih menarik dan profesional. Diskusi mengenai penggunaan iklan untuk memperluas jangkauan sosial media juga tidak ketinggalan.

Yuni, perwakilan dari Tim Penggerak PKK, menyambut baik penyuluhan ini. “Materi penyuluhan ini sangat relevan dengan kegiatan kami yang sedang membangun akun Instagram PKK. Dengan media sosial, kami berharap kegiatan PKK bisa lebih dikenal masyarakat dan menarik minat untuk bergabung,” ujarnya.

Baca juga: Dosen Universitas BSI Berikan Pelatihan Penataan Arsip Kantor Pada Lembaga Bantuan Hukum Hade Indonesia Raya Cibinong

Selain memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, kegiatan ini juga memenuhi kewajiban para dosen Universitas BSI untuk melaksanakan Beban Kinerja Dosen (BKD) semester ini. “Kami senang bisa berbagi ilmu dan memenuhi kewajiban kami. Sekarang, kami bisa fokus kembali pada penelitian dan pengajaran,” tambah Hieronimus dengan senyum puas.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.