Mahasiswa Manajemen Universitas BSI Gelar Edukasi Peduli Lingkungan di SD Negeri Larangan 01

0 401

BSINews, Tangerang — Kampus Digital Kreatif Universitas BSI ( Bina Sarana Informatika) sukses melaksanakan kegiatan implementasi pembelajaran Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum (MKWK) berbasis proyek. Kegiatan ini menjadi bagian integral dari mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan tema “Merajut Kasih Untuk Bumi, Peduli Lingkungan Di Tanah Air Indonesia.” Kelompok Asparagus, yang terdiri dari mahasiswa program studi Manajemen Universitas BSI kampus Ciledug, memberikan edukasi kepada siswa SD Negeri Larangan 01, pada Selasa (4/6/2024).

Nur Agny Zulfani, salah satu mahasiswa Universitas BSI yang terlibat dalam kegiatan ini, menyampaikan latar belakang dari tema ini adalah persoalan sampah, yang menjadi salah satu permasalahan lingkungan paling serius di Indonesia. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah dengan baik.

Baca juga : Mahasiswa Universitas BSI Adakan Kegiatan Belajar Bersama Anak-anak Yayasan Obama Indonesia

“Kegiatan edukasi ini dikemas dengan menarik dan interaktif, sehingga mudah dipahami oleh para siswa.  Kami memaparkan materi tentang jenis-jenis sampah dan cara memilahnya, serta menjelaskan konsep 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Refuse, dan Repair). Selain itu, para siswa diajak menonton video edukasi tentang menjaga lingkungan dari sampah, mempraktikkan cara memilah sampah sesuai jenisnya, serta menjaga kebersihan lingkungan sekolah,” jelas Nur.

Edukasi Peduli Lingkungan

Firdaus, Wakil Kepala Sekolah SD Negeri Larangan 01, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah dengan baik.

“Untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang peduli terhadap sampah di lingkungan sekolah, pihak sekolah juga harus memberi pemberitahuan agar anak-anak lebih disiplin membuang sampah pada tempatnya. Ketika berbelanja, mereka bisa menggunakan tempat yang lebih ramah lingkungan,” jelasnya.

Baca juga : Cegah Stunting, Mahasiswa Universitas BSI Adakan Sosialisasi Kesehatan dan Pendampingan Vaksinasi Imunisasi

Sementara itu, Ashyla, salah satu siswi SD Negeri Larangan 01, menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. “Kegiatan ini mengajari kita mengolah sampah dari awal, kebiasaan kita kan tidak tahu kalau buang sampah sembarangan di kali atau got itu berdampak tidak bagus untuk lingkungan,” katanya.

Dengan edukasi ini, diharapkan para siswa dapat menerapkan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.