Pengalaman MSIB Tingkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Universitas BSI di Bidang IT

0 56

BSINews, Yogyakarta — Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terus memberikan dampak positif bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Salah satu mahasiswa yang merasakan manfaat dari program ini adalah Dewi Yuni Zainah, mahasiswa Program studi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta.

Sebagai peserta MSIB – 6, Dewi berbagi pengalaman positifnya selama menjalani program studi independen di PT Talenthub Digital Indonesia (TDI). Menurutnya, MSIB memberikan banyak kesempatan untuk terlibat langsung dalam proyek pengembangan perangkat lunak.

Baca juga : Antusiasme Mahasiswa Universitas BSI Mengikuti MSIB Batch 7: 1.292 Pendaftar dalam Seminggu Terakhir

“Selain mendapatkan bimbingan dari para profesional, saya juga belajar untuk bekerja dalam tim yang beragam dan dinamis dari beberapa mahasiswa diseluruh Indonesia. Pengalaman ini tentunya, sangat berharga dan membuka wawasan saya tentang industri teknologi,” ujar Dewi dalam keterangan rilis, Rabu (05/06/2024).

Dewi mengungkapkan pembelajaran terstruktur dan bimbingan langsung dari mentor sangat membantu dalam menyelesaikan tugas dengan baik.

Pengalaman MSIB Tingkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa

“Saya juga berkenalan dengan mahasiswa dari luar daerah dan bersama-sama membentuk kelompok kerja untuk menyelesaikan proyek akhir,” tambahnya.

Menanggapi hal ini, Noor Hasan selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Yogyakarta menuturkan program MSIB memberikan dampak yang sangat positif terhadap semangat belajar dan kompetensi mahasiswa.

“Kita sangat mendukung keinginan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan studi independen dengan harapan dapat menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan global. Di Program MSIB, mahasiswa mendapatkan konversi nilai 20 SKS pada semester ini,” tutur Noor.

Baca juga : Universitas BSI Rutin Gelar Sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 7 Tahun 2024

Ia menambahkan, melalui program ini, Dewi dan mahasiswa lainnya merasa lebih percaya diri dalam menghadapi dunia kerja di bidang IT. Mereka dibekali dengan pengalaman praktis dan pengetahuan yang mendalam, mempersiapkan mereka untuk menjadi lulusan yang siap bersaing di industri teknologi yang terus berkembang.

“Pengalaman studi independen seperti yang dialami oleh Dewi adalah salah satu upaya kami untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional yang kompeten dan siap berkontribusi dalam industri teknologi. Kami berharap program ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk sikap mandiri dan kemampuan beradaptasi mahasiswa di dunia kerja yang dinamis,” tandasnya. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.