Dari Hobi Menjadi Bisnis, Sebagai Inspirasi Generasi Muda

0 56

BSINews, Jakarta – Menginspirasi banyak orang dengan pesan bahwa hobi yang dicintai bisa dikembangkan menjadi ide bisnis yang menguntungkan. Setiap individu perlu mengenali dan mendalami hobi mereka, karena dari hobi tersebut bisa muncul peluang untuk membangun usaha.

Setiap orang memiliki hobi yang beragam sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Hobi yang sering dilakukan sehari-hari ternyata dapat membuka peluang besar untuk membangun usaha. Berdasarkan artikel dari Bisnis.com, Forbes.com, dan Mailchimp.com, berikut beberapa hobi yang bisa dijadikan ide bisnis:

Baca juga: Mau Sukses Berbisnis? Yuk, Masuk Jurusan Manajemen Universitas BSI Kampus Cibitung

1. Memasak bukan hanya sekadar aktivitas sehari-hari, tetapi juga dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Dengan kreasi resep dan cita rasa yang khas, hobi memasak bisa menghasilkan uang. Terutama dalam baking atau memanggang, peluang usaha dengan menjual berbagai jenis kue sangat terbuka lebar.

2. Melukis adalah hobi yang mengungkapkan kreativitas melalui gambar dan lukisan. Karya seni ini memiliki nilai tinggi dan bisa dijual dengan harga yang fantastis. Orang yang memiliki hobi melukis sering kali disebut memiliki “tangan emas” karena keterampilan unik mereka.

3. Menari bukan hanya melestarikan budaya lokal tetapi juga bisa menjadi sumber penghasilan. Menguasai berbagai tarian dan menampilkannya di acara-acara khusus, atau menjadi guru tari, adalah cara untuk memonetisasi hobi ini.

4. Fotografi adalah hobi yang menghasilkan karya foto unik dan berkualitas tinggi. Dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera profesional, hobi ini bisa menjadi bisnis melalui jasa fotografi untuk acara-acara penting seperti pernikahan, seminar, dan ulang tahun.

5. Menulis bisa menjadi karir jangka panjang. Dengan kemampuan membaca situasi dan menuangkannya dalam tulisan, hobi ini dapat menghasilkan novel, artikel, atau konten media sosial yang menarik. Penulis juga bisa memanfaatkan platform online untuk mempublikasikan karya mereka.

6. Menyanyi adalah hobi yang bisa membuka banyak peluang, terutama melalui media sosial. Artis seperti Raisa dan Idgitaf memulai karir mereka dengan video lagu di media sosial. Dengan suara yang bagus, menyanyi bisa menjadi profesi yang menguntungkan.

7. Merias atau Make up adalah hobi yang memiliki banyak manfaat dan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Makeup artist (MUA) adalah profesi yang dihargai mahal dan banyak dicari. Hobi ini bisa diubah menjadi sumber penghasilan yang stabil.

Fuad Nur Hasan selaku Ketua Inkubator Center Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sekaligus Kepala BSI Entrepreneur Center (BEC) menekankan pentingnya menggali dan mengembangkan hobi yang dimiliki.

“Sebagai manusia, kita harus tahu dan mendalami hobi yang kita gemari, karena ternyata hobi bisa dikembangkan menjadi ide bisnis. Dengan mengenali potensi dalam hobi, seseorang bisa menciptakan peluang usaha yang unik dan inovatif,” ujarnya.

Pesan dari Fuad ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk tidak hanya menjadikan hobi sebagai kegiatan sampingan, tetapi juga sebagai peluang bisnis yang dapat dikembangkan.

Baca juga: Program Studi Administrasi Bisnis Universitas BSI Mengadakan Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Skema Office Executive Administrative Assistant

“Universitas BSI melalui Incubator Center dan BEC terus mendorong mahasiswa dan masyarakat untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi mereka dalam bidang kewirausahaan,” pungkasnya.

Dengan semangat ini, Universitas BSI berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan potensi mereka, sehingga mampu bersaing dan sukses di dunia bisnis.(ACH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.