Universitas BSI Kampus Pontianak Sukses Adakan Kegiatan “Membangun Ekonomi Digital Mendukung SDGs Menuju Indonesia Emas 2045”

0 9

BSINews, Pontianak — Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak sukses menggelar kegiatan bertema “Sukseskan Membangun Ekonomi Digital Mendukung SDGs Menuju Indonesia Emas 2045” pada hari Kamis, 13 Juni 2024.

Acara yang berlangsung dari pukul 08.30 hingga 12.00 WIB ini diselenggarakan di Aula lantai 4 Universitas BSI kampus Pontianak dan dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai program studi, termasuk Sistem Informasi dan Informatika.

Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Dekan Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI, Rachmat Adi Purnama. Dalam sambutannya, Ia menekannya pentingnya peran mahasiswa dalam mendukung pembangunan ekonomi digital dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Mahasiswa adalah agen perubahan. Melalui kegiatan ini, kita bersama-sama berkomitmen untuk memajukan ekonomi digital dan mendukung SDGs. Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan berkontribusi bagi masa depan Indonesia,” ujar Rachmat Adi Purnama.

Baca juga : Menjelajahi Dunia Akademik Bersama Orang Tua Dalam BKOT Universitas BSI Kampus Pontianak

Dipandu oleh Kartika Handayani sebagai moderator, acara ini menghadirkan Harry Ronaldi Mahaputrawan selaku Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalimantan Barat sebagai narasumber utama.

Harry menyampaikan materi yang relevan tentang peran ekonomi digital dalam mendukung SDGs dan persiapan Indonesia menuju kejayaan di tahun 2045. Dalam presentasinya, beliau menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan masyarakat dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.

“Seminar ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami lebih dalam tentang literasi digital dan bagaimana mereka bisa berkontribusi dalam pembangunan ekonomi digital yang berkelanjutan. Saya sangat mengapresiasi inisiatif Universitas BSI dalam mengadakan acara ini,” ujar Harry.

Membangun Ekonomi Digital Mendukung SDGs Menuju Indonesia Emas 2045

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan selama sesi tanya jawab. Salah satu peserta, Della, mahasiswi dari Prodi Sistem Informasi Akuntansi, mengajukan pertanyaan menarik tentang peluang bagi mahasiswa saat Ibu Kota Negara (IKN) resmi dibuka. “Apakah ada peluang bagus untuk mahasiswa seperti kami ketika IKN sudah diresmikan?” tanya Della dengan semangat.

Harry Ronaldi dengan bijak menjawab pertanyaan tersebut, menjelaskan bahwa IKN akan menjadi pusat inovasi dan teknologi yang akan membuka banyak peluang, terutama di sektor ekonomi digital. “IKN akan menjadi pusat inovasi dan teknologi. Mahasiswa dengan keterampilan di bidang digital akan sangat dibutuhkan. Persiapkan diri kalian dengan baik, terus belajar dan berinovasi. Peluang akan selalu ada bagi mereka yang siap,” ungkap Harry.

Sebagai penutup, Harry memberikan pesan “Ekonomi digital adalah masa depan. Persiapkan diri kalian dengan baik, karena kalian adalah penerus yang akan membawa Indonesia menuju kejayaan di tahun 2045. Jangan pernah berhenti belajar dan berinovasi,” pesannya.

Baca juga : Seminar Literasi Digital Universitas BSI, Langkah Konkret Menuju Indonesia Emas 2045

Sementara itu, Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi, Raja Sabaruddin menyambut positif kegiatan ini. Beliau menyatakan, “Kegiatan seperti ini merupakan langkah penting bagi mahasiswa kami dalam mencapai Indonesia Emas 2045. Melalui pembekalan ilmu dan wawasan ini, kami berharap mahasiswa dapat berkontribusi nyata dalam pembangunan ekonomi digital dan mencapai tujuan-tujuan SDGs.”

Dengan adanya kegiatan ini, Universitas BSI Kampus Pontianak berharap dapat terus berperan aktif dalam mencetak lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di era digital. Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak dan penyelenggaraan kegiatan yang edukatif, Universitas BSI berkomitmen untuk mendukung tercapainya SDGs dan mewujudkan Indonesia Emas 2045. Kegiatan ini menjadi bukti nyata dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberdayakan mahasiswa dalam menghadapi tantangan global. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.