Dosen Praktisi Serbu Universitas BSI, Jembatani Kesenjangan Pengetahuan dan Keterampilan Industri

0 14

BSINews, Purwokerto — Universitas BSI Purwokerto melalui Program Studi Sistem Informasi telah sukses menyelenggarakan acara “Praktisi Mengajar” yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Juni 2024. Acara ini menghadirkan sejumlah dosen praktisi dari berbagai bidang industri untuk memberikan materi dan berbagi pengalaman langsung kepada para mahasiswa.

Kehadiran dosen praktisi ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara pengetahuan akademis yang diajarkan di perguruan tinggi dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia industri. Melalui program ini, mahasiswa tidak hanya menerima teori, tetapi juga mendapatkan pemahaman praktis melalui studi kasus nyata yang dipaparkan langsung oleh para praktisi di bidangnya masing-masing.

Baca juga : Universitas BSI Teken Kerja Sama dengan Kemendikbudristek untuk Program Praktisi Mengajar Angkatan 4

Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Purwokerto, Ina Maryani menyampaikan  bahwa program ini merupakan salah satu langkah strategis universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja.

“Kami sangat bangga dapat menghadirkan para praktisi yang berkompeten di bidangnya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka. Ini merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa kami untuk belajar langsung dari sumbernya dan memahami bagaimana teori yang mereka pelajari dapat diaplikasikan di dunia nyata,” ujar Ina.

Salah satu praktisi yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, Dwi Aji Mardiyanto menyampaikan rasa senangnya bisa terlibat dan berkesempatan menjadi praktisi mengajar.

Kehadiran Dosen Praktisi Jembatani Kesenjangan Pengetahuan dan Keterampilan Industri

“Saya merasa sangat senang bisa terlibat dan berkesempatan menjadi praktisi mengajar. Ini adalah pengalaman yang berharga, tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga bagi saya pribadi. Berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para mahasiswa adalah suatu kepuasan tersendiri, dan saya berharap mereka dapat mengambil banyak pelajaran dari apa yang kami bagikan,” ungkap Dwi Aji.

Proses pembelajaran yang melibatkan praktisi ini tidak hanya memberikan wawasan baru bagi mahasiswa, tetapi juga meningkatkan keterlibatan dan semangat belajar mereka. Mahasiswa dapat melihat secara langsung tantangan dan solusi praktis yang dihadapi di industri, sehingga mereka lebih siap menghadapi dunia kerja setelah lulus.

Baca juga : Universitas BSI Purwokerto Jajaki Kerja Sama dengan PT Tanjung Mulia Informatika

Salah satu mahasiswa yang mengikuti acara ini, Perdana Putra Fedel, mengungkapkan rasa antusiasmenya. “Pengalaman belajar dari praktisi sangat membuka wawasan saya tentang bagaimana teori yang dipelajari di kelas dapat diterapkan dalam dunia nyata. Saya merasa lebih siap dan percaya diri untuk memasuki dunia kerja,” ujar Perdana.

Acara “Praktisi Mengajar” ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin di Universitas BSI Purwokerto, sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Dengan kolaborasi yang erat antara akademisi dan praktisi, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif dalam mencetak generasi muda yang berdaya saing tinggi. (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.