Mengelola Modal Kerja dengan Cerdas, Dosen Universitas BSI Gelar Pelatihan untuk CV Listindo Oesaha Cipta

0 25

BSINews, Pontianak — Kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (PM). Dalam kesempatan kali ini, dosen Universitas BSI kampus Pontianak bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat untuk mengadakan acara secara offline pada Sabtu, 15 Juni 2024 pukul 08:00 WIB di Jln. Pemda, Komplek Laily Raya, Blok A, No. 10, Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari Yulia, Nanda Diaz Arizona, dan Rabiatul Adwiya berfokus kepada pengelolaan modal kerja di CV Listindo Oesaha Cipta. Yulia selaku ketua pelaksana mengatakan tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman mitra usaha mengenai pengelolaan keuangan, khususnya modal kerja. Dengan pengetahuan yang lebih baik, diharapkan mitra dapat mengelola keuangan usaha mereka dengan lebih bijak dan efisien, sehingga meningkatkan kesejahteraan mereka dan memberikan kontribusi positif kepada daerah mereka.

Baca juga : Kolaborasi Hebat Universitas BSI dan IKIP PGRI Pontianak untuk Pendidikan di Kalbar

“Dalam kegiatan ini, tim pengabdian menggunakan dua metode utama: partisipatori dan kolaboratif. Metode partisipatori melibatkan mitra secara langsung dalam setiap tahap kegiatan, mulai dari pengenalan literasi keuangan hingga penggunaan platform sistem keuangan yang dapat membantu dalam transaksi dan pelaporan usaha. Dengan metode ini, mitra diajak untuk aktif berpartisipasi dan belajar secara langsung, sehingga pemahaman mereka terhadap materi yang diberikan dapat lebih mendalam,” ujar Yulia.

Metode kolaboratif merupakan bentuk kerjasama antara pihak perguruan tinggi, Universitas BSI kampus Pontianak, dengan CV. Listindo Oesaha Cipta serta mitra kerja mereka. Metode ini memastikan bahwa kegiatan pengabdian tidak hanya bersifat satu arah, tetapi juga melibatkan kontribusi dan umpan balik dari mitra, sehingga tercipta hubungan yang saling menguntungkan.

Mengelola Modal Kerja dengan Cerdas

“Kami sangat berharap bahwa melalui kegiatan ini, mitra kami dari CV. Listindo Oesaha Cipta dapat lebih bijak dalam mengelola modal kerja mereka. Pengelolaan keuangan yang baik sangat penting untuk kelangsungan dan pertumbuhan usaha,” jelasnya.

Nanda Diaz Arizona menambahkan, “Metode partisipatori yang kami gunakan memungkinkan mitra untuk terlibat langsung dan belajar dengan cara yang praktis. Ini bukan hanya tentang memberikan materi, tetapi juga memastikan bahwa mereka memahami dan dapat menerapkan ilmu yang mereka dapatkan dalam bisnis sehari-hari.”

Baca juga : Dosen Universitas BSI Adakan Pelatihan Bing Artificial Intelligence di RPTRA Rawa Binong

Sementara itu, Rabiatul Adwiya menekankan pentingnya kolaborasi dalam kegiatan ini. “Kerjasama antara perguruan tinggi dan dunia usaha sangat penting. Dengan bekerja bersama, kita bisa mencapai hasil yang lebih baik dan berdampak lebih luas bagi masyarakat.”

Menanggapi hal ini, pihak CV Listindo Oesaha Cipta memberikan sambutan positif terhadap kegiatan ini. Salah satu peserta mengungkapkan, “Kami sangat berterima kasih kepada tim pengabdian masyarakat dari UBSI Pontianak. Ilmu yang kami dapatkan hari ini sangat bermanfaat untuk pengelolaan usaha kami. Kami berharap bisa menerapkan semua yang telah dipelajari dan melihat dampak positifnya dalam waktu dekat.” (LAG)

Leave A Reply

Your email address will not be published.