Hadirkan Kembali Warisan Budaya, Universitas BSI Berwacana Gelar Digitalisasi Budaya Yogyakarta

0 23

BSINews, Yogyakarta – Sukses dalam kegiatan sarasehan pariwisata yang telah digelar baru-baru ini Rabu (3/7), Kampus Digital Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta berencana meluncurkan inisiatif baru yang bertajuk “Digitalisasi Budaya Yogyakarta”. Kegiatan ini terinspirasi dari dorongan untuk memajukan industri pariwisata serta medigitalisasi warisan budaya Jawa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah melalui kolaborasi yang efektif antara dunia industri dan pendidikan.

GKR Bendoro selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY, yang sebelumnya menjadi narasumber utama dalam acara Sarasehan Pariwisata yang diselenggarakan di Ruang Seminar Wisma BSI Yogyakarta pada hari Rabu, (3/7) lalu, mengatakan pentingnya kerja sama antara industri dan pendidikan dalam mengembangkan potensi pariwisata DIY.

Baca juga: Sarasehan Pariwisata Universitas BSI Ungkap Pentingnya Kolaborasi Akdemisi dengan Dunia Industri Pariwisata

Universitas BSI Akan Gelar Digitalisasi Budaya Yogyakarta

Hal tersebutlah yang menjadi dorongan bagi Universitas BSI untuk melanjutkan upaya kolaboratif dengan menggelar kegiatan digitalisasi budaya Jawa terutama Yogyakarta. Selain itu, dengan terciptanya kolaborasi yang efektif antara dunia industri dan pendidikan akan membuka lebar peluang karier bagi para generasi muda.

Naba Aji Notoseputro, Co- Founder Yayasan Bina Sarana Informatika yang menaungi Universitas BSI, menyampaikan bahwa kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada momen Sumpah Pemuda di bulan Oktober 2024 mendatang. Sementara itu, kegiatan ini pun memiliki tujuan untuk mengenalkan beragam aspek budaya Yogyakarta seperti batik, wayang, tari-tarian, dll kepada masyarakat luas, baik lokal maupun mancanegara.

“Dengan digitalisasi budaya Jawa, kami berharap dapat memperkenalkan kekayaan budaya dan kearifan lokal yang belum terarsip dengan baik kepada masyarakat luas. Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap warisan budaya yang luar biasa ini,” ujar Naba Aji dalam keterangan tertulis, Senin (8/7).

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Kerja di Industri Pariwisata

Rencana tersebut menegaskan komitmen Universitas BSI dalam mendukung pengembangan pariwisata DIY melalui pendekatan inovatif yang menggabungkan teknologi dengan kearifan lokal. Selain itu, juga dalam membuka peluang karier yang luas bagi generasi muda perguruan tinggi dan sekolah yang berkecimpung di dunia pariwisata. (DIM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.