BSI NEWS. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen setiap semester dalam mengembangkan Trinitas Perguruan Tinggi, yaitu dengan menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Materi dalam pengabdian masyarakat juga membahas permasalahan yang muncul di masyarakat sesuai dengan rencana pembelajaran masing-masing dosen, biasanya melalui pelatihan, seminar, konsultasi, bakti sosial, sosialisasi dan kegiatan lainnya.

Dalam hal ini para dosen dari Program Studi Penyiaran Universitas BSI Jakarta telah melakukan pengabdian masyarakat dengan mengikut sertakan penggiat UMKM di Kampoeng Wisata Bisnis Tegawaru, dalam Pengabdian Masyarakat dilaksanakan pada tanggal 10 April 2021, dilakukan secara offline namun tetap menjaga protokol kesehatan.

Perkembangan teknologi komunikasi mempunyai peran penting dalam kehidupan masyarakat di era modern sekarang ini. Audien atau khalayak media adalah komunitas masyarakat yang memiliki tata sosial dan budaya yang berbeda. Era serba online sebenarnya memberikan banyak peluang bagi pelaku UMKM (usaha kecil dan menengah) untuk meningkatkan penjualan produk usahanya. Oleh karena itu, berbagai cara telah ditempuh untuk bertahan hidup, terutama pada saat pandemi Covid-19 yang belum juga mereda.

Namun salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM terbatasnya kemampuan atau keterampilan untuk menguasai teknologi digital smartphone yang terus berubah. Maka dalam permasalahan itu Dosen program Studi Penyiaran memberikan Materi dalam pengabdian masyarakat yang dibawakan oleh mengangkat, bagaimana cara foto produk menggunakan smartphone untuk meningkatkan penjualan UMKM. maka pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika adalah  kegiatan Penyuluhan dengan mengangkat tema ” Pelatihan Fotografi Produk Menggunakan Kamera  Smartphone Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru”.

Acara kegiatan ini di awali dengan kata sambutan oleh ketua pengabdian masyarakat yaitu Venessa Agusta Gogali S.Ikom, MM kemudian setelah itu masuk dalam pemateri atau tutor yaitu Rio Septian S.I.Kom, MM menyampaikan secara umum menggunakan aplikasi kamera di smartphone sebagai media untuk memotret produk UMKM lalu mengajak peserta UMKM Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru mempraktekan langsung dengan produk yang mereka perjualkan .

Pengabdian masyarakat ini sendiri dihadiri oleh 32 peserta dan semua terlihat antusias terbukti dengan adanya beberapa pelaku UMKM seperti pedagang produk wayang, produk tas bertanya seputar teknis foto produk dan alat yang digunakan dalam memoto produk seperti lighting, backdrop dan lainnya . Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 wib dan di akhiri pada jam 12.30 diakhiri pemaparan materi bersama anggota lain yaitu Achmad Haikal S.I.Kom, MM, Haryo Windratno, S.PT, M.Si dan perwakilan mahasiswa bernama Adelia Putri Darnasyah dan Erlan Maraezo ditutup sesi foto bersama anggota panitia dan penggiat UMKM Kampoeng Wisata Bisnis Tegalwaru.