Jakarta Bsi-News

Perkembangan investasi khususnya keuangan saat ini mengalami pasang surut terlebih pada kondisi pandemi Covid-19. Namun, upaya menumbuhkan minat investasi khususnya bagi kalangan milenia menjadi suatu tantangan tersendiri. Perlu adanya literasi yang mampu menjembatani hal tersebut sehingga pemahaman akan investasi keuangan khususnya bagi generasi muda dapat tercapai. Mencermati hal tersebut, Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika menggelar webinar literasi keuangan dengan tema “Peluang Meraih Sukses Melalui Kegiatan Investasi di Pasar Modal” pada Selasa (15/6) secara daring melalui media zoom. Acara ini diikuti oleh lebih kurang 500 peserta mahasiswa manajemen semester 4, dengan narasumber dari PT. Samuel Aset Manajemen, dan PT. Samuel Sekuritas Indonesia.

Ida Zuniarti, SE, MM selaku kaprodi Manajemen menyebutkan pentingnya mahasiswa memperluas cakrawala pengetahuan tetang bisnis investasi keuangan.

“Diharapkan setelah mengikuti webinar ini mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan baru tentang bagaimana melakukan investasi baik di pasar keuangan maupun pasar modal, dan juga paham mengenai jenis-jenis investasi yang dapat dijadikan peluang dalam bisnis”, ujar Ida Zuniarti

Tampil sebagai narasumber atau pemateri Nurmalanita Wibowo, SE., CFP selaku senior vice president head of private group and individual sales dan PT Samuel Aset Manajemen dan Nugroho Nuwantoro, SE  selaku head of marketing OLT PT. Samuel Sekuritas Indonesia.

Dalam pemaparannya Nurmalanita Wibowo menekankan pada kiat-kiat melakukan perencanaan keuangan baik jangka pendek hingga jangka panjang. Dijelaskan pula salah bentuk perencanaan keuangan yang kini sedang trend adalah investasi reksadana.

“Untuk memulai suatu investasi tentunya kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana merencanakan keuangan kita atau paham akan financial planning-nya, sehingga nantinya kita tidak salah berinvestasi”, ujar Nurmalanita.

Dijelaskan juga oleh Nurmalanita memilih investasi haruslah yang dapat memberikan keuntungan yang maksimal, dan dia mencontohkan salah satu investasi keuangan yang murah, mudah, professional, custom focus, dan aman yaitu dengan membeli reksadana. Nurmalanita juga menerangkan tentang contoh-contoh reksadana yang dapat menjadi tujuan investasi.

“Rekan-rekan BSI yang cerdas, jika kalian ingin memberdayakan keuangan kalian menjadi produktif maka kalian harus memilih investasi yang murah, mudah, professional, custom focus, dan aman misalnya investasi reksadana. Disini rekan-rekan BSI yang cerdas dapat memilih berbagai jenis reksadana seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham”, lanjut Nurmalanita

Sedangkan Nugroho Nuwantoro lebih mencermati pada investasi saham, dijelaskan olehnya tentang mekanisme perdagangan saham, kiat-kiat menjadi investor saham, serta analisa tetang perkembangan saham.

Seluruh peserta yang hadir sangat antusias dan banyak pertanyaan yang diajukan dalam sesi tanya jawab, salah satunya Muchamad Iqbal. Iqbal juga merasa senang karena mendapat pengetahuan baru tentang investasi dan perencanaan keuangan.