Cikampek, BSINews – Memasuki perkuliahan tahun ajaran baru semester gasal 2021/2022 yang dimulai tanggal 13 September 2021, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cikampek menyelenggarakan rangkaian kegiatan masa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Setidaknya ada 5 rangkaian kegiatan yang akan dan sudah terselenggata. Pertama adalah orientasi akademik (ORMIK) yang diselenggarakan pada hari Senin dan Selasa, 6–7 September 2021. Kegiatan kedua adalah seminar motivasi (SEMOT) dengan tema ‘Beyond Inspiration‘ yang dilaksanakan pada hari Minggu, 12 September 2021 dengan pembicara Nadia Ayesha Mieke Soekarno dan Aan Rahman. Kegiatan ketiga yaitu seminar tematik yang diselenggarakan pada tanggal 14 – 17 September 2021.

Baca Juga : Gelaran Ormik Universitas BSI, Hadirkan Semangat Belajar dari Maba

Keempat akan ada Bincang Kampus Bersama Orang Tua (BKOT), dan terakhir akan ada kegiatan dari Organisasi Mahasiswa (Ormawa).

Menurut Lukmanul Hakim, dosen Universitas BSI, selaku naradumber Ormik mengatakan, materi ORMIK kali ini Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana mahasiswa diperkaya pengetahuan program-program unggulan Kemendikbud Ristek yang bisa diikuti, yang tertuang dalam program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

“Materi kegiatan ORMIK mengenalkan lingkungan kampus, capaian prestasi kampus, sejarah dan struktur organisasi Universitas BSI, sistem perkuliahan, sistem administrasi akademik, sarana dan prasarana pelayanan kepada mahasiswa, serta informasi non akademik. Adapun materi-materi kemahasiswaan lainnya yang mencakup tentang organisasi kemahasiswaan, belamawa dan puspresnas. Lalu ada paparan prestasi mahasiswa, beasiswa, dan kode etik mahasiswa, tetap menjadi menu wajib,” ungkap Lukmanul.

PKKMB Universitas BSI

Foto : Mahasiswa baru dan Dosen Universitas BSI berfoto bersama setelah gelaran acara PKKMB berlangsung.

Ia menambahkan, kegiatan SEMOT dilaksanakan serentak secara daring bergabung dengan kampus Rektorat Universitas BSI Kramat 98 dan kampus-kampus PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) di lingkungan Universitas BSI. Pada kegiatan SEMOT, juga dilakukan acara pemakaian jas almamater sebagai simbol dimulainya status sebagai mahasiswa aktif. Acara SEMOT diakhiri dengan deklarasi anti narkoba, anti radikalisme, dan anti perundungan yang diiklarkan oleh seluruh mahasiswa baru Universitas BSI.

Sementara itu, untuk seminar tematik terdiri beberapa seminar yang menawarkan berbagai tema yang dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai minat dan kebutuhan mereka. Seminar Tematik, diselenggarakan dari masing-masing bagian diantaranya dari kemahasiswaan, pusat karier, beasiswa, kewirausahaan dan inkubasi bisnis, lembaga bahasa, sertifikasi kompetensi, media sosial, konten kreatif, dan profil alumni sukses. Narasumber seminar tematik terdiri dari praktisi, staf dan alumni Universitas BSI yang kompeten dibidangnya masing-masing.

Baca Juga : Mahasiswa Universitas BSI, Disambut Baik Oleh Pihak MSU Malaysia Dalam Pertukaran Pelajar

Menurut M. Syamsul Azis selaku Kepala kampus Universitas BSI kampus Cikampek menyebutkan, dengan mengikuti serangkaian acara PKKMB, mahasiswa baru dapat lebih siap untuk menjalani proses perkuliahan dengan baik.

“Diharapkan setelah mengikuti rangkaian kegiatan PKKMB, mahasiswa siap mengikuti perkuliahan, aktif berkegiatan dibidang non akademik, dan dapat lulus tepat waktu,” ungkapnya.(MKU)