Jakarta Bsi-News

Program Studi Administrasi Perkantoran menyelenggarakan Webinar “Effective Business Correspondence in English” untuk mahasiswa Administrasi Perkantoran semester 4 (empat) dengan menghadirkan Mrs. Yanti Rosalinah, SS, M.Pd sebagai pembicara dalam kegiatan webinar tersebut. Kegiatan yang dimoderatori oleh Inggit Dessy Susanti dan dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa semester 4 (empat) Program Studi Administrasi Perkantoran ini terselenggara dengan sukses dan lancar pada hari Jumat, 11 Juni 2021 pukul 19.00 sampai dengan 21.00 melalui platform Zoom Cloud Meeting.

Kegiatan webinar dibuka oleh moderator dan setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ibu Idah Yuniasih, M.Pd selaku Ketua Program Studi Administrasi Perkantoran dalam sambutannya menjelaskan bahwa Mahasiswa Administrasi Perkantoran harus memiliki ketrampilan dalam korespondensi baik Korespondensi Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Korespondensi bisnis ini mencakup berbagai aktivitas yang berhubungan dengan fungsi pengelolaan administrasi dan surat-menyurat secara efektif. Dengan kemampuan berkorespondensi tertulis efektif yang baik dan elegan, pesan yang ingin disampaikan juga dapat diterima dengan baik dan benar oleh penerima pesan, sehingga respon yang didapat pun terhindar dari kesalah-pahaman dan salah pengertian.

Masuk ke dalam inti acara yaitu pemaparan materi oleh Mrs. Yanti Rosalinah SS, M.Pd. Dalam paparannya, Mrs.Yanti menjelaskan bahwa dalam business correspondence terdapat 7C yaitu clear (jelas), concise (ringkas), concrete (kongkrit), correct (tepat), coherent (logis), complete (lengkap), dan courteous (sopan). Tak lupa Mrs Yanti juga menjelaskan part of the business letter antara lain harus ada headline, date, preference line, inside address, attention line, salutation, subject line, vody of the letter, complimentary close, signature, enclosure notation. Mrs Yanti juga mencontohkan berbagai surat bisnis yang benar dan sesuai serta mahasiswa praktik membuat Signature email dalam Bahasa Inggris. 

Setelah pemaparan dari pembicara dibuka sesi tanya jawab dan diikuti oleh mahasiswa dengan penuh antusias. Arinda Tria, Juwita Tambunan dan Tiara Julianca mewakili peserta lainnya  mengaku sangat senang mengikuti webinar ini karena mendapat banyak ilmu dan pengetahuan terkait dengan Effective Business Correspondence in English yang telah diselenggarakan oleh Prodi Administrasi Perkantoran. Tak lupa, penyerahan sertifikat yang diberikan oleh Ketua Program Studi Administrasi Perkantoran, yaitu Ibu Idah Yuniasih, M.Pd kepada Mrs.Yanti Rosalinah SS, M.Pd sebagai pembicara. Webinar ditutup dengan pembagian link kuesioner dan photo bersama. (IGD)