Tasikmalaya BSI-News

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya melangsungkan webinar bertajuk ‘Edukasi Seni Suara’ yang berjalan secara daring melalui zoom, Senin (26/7) silam. Webinar ini menghadirkan Siti Nindiana Rohimmah.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa saja, melainkan juga dari berbagai kalangan.

Koordinator Kemahasiswaan Universitas BSI Kampus Tasikmalaya, Miftah Farid Adiwisastra mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa, khususnya anggota UKM Seni tentang seni suara.

“Semoga kegiatan ini dapat menambah relasi antar peserta yang hadir,” katanya dalam rilis yang diterima, Kamis (29/7).

Sementara itu, Siti Nindiana Nur Rohimmah selaku pemateri, menerangkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi perihal seni, khususnya seni suara.

“Seni suara merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan bunyi dan suara yang memiliki unsur irama, melodi dan harmoni. Dengan tujuan untuk mewujudkan keindahan yang dapat dinikmati melalui indra pendengar,” tutur Nindiana saat menyampaikan materi, Senin, (26/7) lalu.

Selanjutnya, Nindiana juga menerangkan dalam materinya, perihal edukasi seni suara seperti jenis suara, bentuk penyajian vokal, hingga melatih teknik vokal untuk setiap orang.

“Dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bernyanyi, seperti mengatur pernapasan, mengatur tinggi rendahnya nada serta irama mampu melatih untuk vokal yang lebih baik,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Lilis Sintia salah satu peserta pada webinar mengaku, mendapatkan banyak sekali ilmu dan pelajaran yang dapat diambil untuk diterapkan.

“Webinar ini luar biasa, sangat menarik bagi saya selaku anggota UKM Seni yang sedang belajar bernyanyi, dan mendapatkan banyak wawasan pada seni suara khususnya,” ucap Lilis.

Selanjutnya, Aldi Mardian selaku ketua panitia, mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan webinar ini.

“Alhamdulillah webinar ini terlaksana dengan baik dan peserta sangat menikmati acaranya. Semoga seluruh peserta bisa menyerap ilmu yang disampaikan oleh pemateri,” ungkapnya.