Jakarta BSI-News

Universitas BSI (Bina Sarana Informartika) melalui BSI Carrer Center (BCC) sukses mengadakan Sosialisasi Magang 2021 secara virtual melalui platfoam Zoom pada Sabtu, (17/7). Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas BSI semester 5 jenjang D3 dan semester 7 jenjang S1 pada bulan Agustus/September 2021.

Meskipun dalam kondisi Pandemi Covid-19, tidak mengurangi antusias mahasiswa untuk hadir dalam kegiatan ini. Sebanyak 967 peserta hadir dalam Zoom ini,  yang dimulai pada pukul 10:00-12:00 WIB.

Bisa magang di perusahaan BUMN menjadi keinginan banyak mahasiswa . Pasalnya, kesempatan kerja di salah satu perusahaan BUMN semakin terbuka lebar untuk kedepannya.

 BSI Career Center terus berupaya mempersiapkan dan memfasilitasi mahasiswa dalam meraih karier dimasa depan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengadakan kegiatan sosialisasi magang 2021 guna membantu mahasiswa Universitas BSI di semester 4 agar mendapatkan informasi  terkait kesempatan magang.

Selain itu, di BSI Carrer Center memiliki 4 Program Magang Unggulan, yang merupakan wujud kerja sama Universitas BSI dengan beberapa instansi. Keempat program tersebut, antara lain, vritual job fair, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Microcredentials, dan GNIK (Gerakan Nasional Indoensia Kompeten). Kegiatan ini dipandu oleh Fintri Indriyani selaku moderator.

Rachmat Suryadithia selaku Kepala BSI Career Center memaparkan empat materi sosialisasi dalam kesempatan magang di tahun 2021 ini.  Pertama melalui virtualjobfair.bsi.ac.id  yang dibuka mulai 14 Juni hingga 14 September 2021. Program virtualjobfair ini bekerja sama dengan Perusahaan maupun Instansi Pemerintah dan Swasta. Kedua MSIB (Magang & Studi Independen Bersertifikat) yang dibuka pendaftarannya mulai 15 Juni hingga 31 Juli 2021 melalui https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. Program ini diselenggarakan oleh Microcredentials.

MSIB merupakan salah satu dari Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)  yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Ketiga adalah PMMB (Program Magang Mahasiswa Bersetifikat) yang digagas oleh FHCI (Forum Human Capital Indonesia). Terakhir adalah Program Magang dari Kementrian Tenaga Kerja, GNIK (Gerakan Nasional Indonesia Kompeten) merupakan penggagas dari program magang ini. GNIK bekerja sama dengan BUMN dan instansi di seluruh Indonesia.

Untuk mendapatkan informasi up-to-date terkait pemagangan PMMB dan GNIK yang pendaftarannya di Juli/Agustus 2021, pantengin terus ya Instagram BCC @bsikarir dan juga web BCC di https://career.bsi.ac.id.

Rachmat menyampaikan, Batch 2 tahun 2021 pendaftarannya dibuka pada Juli-Agustus 2021. Mulai magang di Agustus-September 2021 hingga Februari-Maret 2022. Untuk pendaftaran Batch 2 ini mengalami perubahan dikarenakan pandemi.

“Terdapat 130 mitra yang terdaftar dalam MSIB dan ada lebih dari 1200 posisi bagi 20000 mahasiswa. Adanya program Kampus Merdeka yang dikeluarkan oleh Kemendikbud dalam hal ini program MSIB memberikan kemudahan kepada mahasiswa karena dapat memilih program magang lebih dari 1 mitra. Namun hanya dapat mengambil 1 mitra saja untuk magang saat keterima”, tambah Rachmat.

Terkait dengan persyaratan magang MSIB Rachmat menjelaskan terdapat beberapa point diantaranya mahasiswa harus masuk semester 5 di bulan Agustus 2021. Tidak sedang mengikuti program kampus merdeka yang lain. Memilih untuk magang atau studi independent, pelaksanaan magang selama 6 bulan, dan berasal dari kampus di bawah naungan kemenristekdikti.

Ia juga menyampaikan manfaat mengikuti program MSIB diantaranya pembelajaran full time di lingkungan kerja mitra, akan ada pendampingan secara intensif dari mentor professional, memperoleh uang saku dan bantuan hidup selama program magang berlangsung. Tak hanya itu ada juga pengakuan kredit semester sebanyak 20 SKS. Selain itu, dari pihak kampus pun akan memberikan Dosen Pembimbing selama magang MSIB.

Terakhir Rachmat berpesan kepada mahasiswa yang akan mendaftar magang untuk mempersiapkan diri dengan membuat CV yang menarik. Ia pun memberi saran boleh  melalui CV online seperti LinkedIn, meningkatkan skill, knowlegde, dan attitude juga mempersiapkan video perkenalan sehingga saat ada kesempatan bertemu dengan kesiapan maka itulah jalan sukses kalian.

“Kesempatan bukan hanya ada satu, akan tetapi masih ada kesempatan magang lainnya, semoga mahasiswa Universitas BSI dapat segera mendaftar dan dapat lolos di program-program pemagangan seperti virtualjobfair, PMMB, MSIB, maupun pemagangan melalui GNIK”, tutup Rachmat.