Jakarta BSI-News

Program studi Teknik Industri Universitas BSI (Bina Saran Informatika)  mengadakan Webinar dengan tema ‘Sosialisasi Laporan Beban Kinerja Dosen (BKD) Internal Prodi Teknik Industri’ pada Rabu, (14/7).

Kegiatan ini diikuti Peserta dari seluruh dosen prodi Teknik Industri, dengan moderator Evy Priyanti  serta narasumber Ade Suryanto, Dosen Prodi Teknik Industri Universitas BSI.

Sebelum acara dibuka Kaprodi Teknik Industri, Miwan Kurniawan Hidayat  menjelaskan sebagai dosen professional, dituntut untuk memenuhi kewajiban-kewajibannya dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi.

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi dalam hal pemenuhan kewajiban tersebut. Universitas BSI berupaya untuk mendorong dosen-dosennya dalam hal pemenuhan Tri Dharma perguruan tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan ialah menggelar sosialisasi laporan bkd internal prodi teknik industri.

“Perguruan tinggi di Indonesia khususnya Universitas BSI berusaha untuk melaksanakan Tri Dharma ini dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Berusaha secara terus-menerus agar bisa  mengimplementasikannya. Hal ini diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang ini berbunyi: perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.” tambahnya.

Dalam mengenal lebih jauh seputar Tri Dharma Perguruan Tinggi Ade Suryanto memaparkan hal tersebut kepada para Peserta.

“Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Inti dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 poin yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Untuk itu, Tri Dharma Perguraan Tinggi adalah tanggung jawab semua elemen yang terdapat di Perguruan Tinggi. Bukan hanya mahasiswa, melainkan dosen, dan berbagai sivitas akademika yang terlibat,” jelasnya.

Lebih jauh diharapkan dengan adanya sosialisasi ini Ade ingin para Dosen agar laporan BKD yang disusun dapat sesuai dengan arahan serta petunjuk teknis penulisan yang sesuai dengan aturan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dosen Universitas BSI  khususnya Prodi Teknik Industri mampu membuat laporan BKD dengan baik dan benar. Dengan berlangsungnya kegiatan tersebut membuat atmosfer akademik di Universitas BSI menjadi semakin meningkat dan kondusif. Sehingga mahasiswa mendapatkan pelayanan pengajaran dari dosen-dosen yang berkualitas.” tutup Ade.