Jakarta BSI-News

Kegiatan magang bagi mahasiswa sudah diatur dalam UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan khususnya pasal 21–30. Dalam peraturannya permagangan dimaksudkan sebagai sistem pelatihan atau praktik kerja yang dilalukan secara sistematis.

Menurut Kaprodi Teknologi Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Rachmat Adi Purnama program PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau magang memberikan kompetensi pada mahasiswa.

“PKL membantu mahasiswa untuk dapat lebih mengenal, mengetahui, dan berlatih menganalisis kondisi lingkungan dunia kerja,” pungkas Rachmat, Rabu (21/7).

Rachmat mengatakan, hal ini sebagai upaya prodi Teknologi Komputer Universitas BSI dalam mempersiapkan diri mahasiswa dalam memasuki dunia kerja.

“Dengan adanya PKL yang akan dilakukan pada semester 5, maka akan diperlukannya informasi-informasi terkait aturan dalam PKL. Selain itu juga tentang outline yang digunakan dalam pembuatan laporan kerja selama PKL berlangsung,” ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut, Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI akan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Outline PKL.

“Dengan mengusung tema kupas tuntas praktik kerja lapangan di masa pandemi covid-19. Kegiatan ini akan berlangsung secara daring melalui zoom pada Sabtu, 24 Juli 2021 yang akan datang,” ujarnya.

Ia menyebutkan, sosialisasi ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama pukul 09.00–12.00 WIB dan sesi 2 dimulai pukul 13.00–16.00 WIB.

“Sosialisasi ini juga akan mengundang dosen-dosen yang menjadi dosen penasehat akademik prodi Teknologi Komputer Universitas BSI di semester 5,” terangnya.

Lanjutnya, untuk dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini mahasiswa dan dosen dapat mendaftarkan diri melalui link pendaftaran. Link tersebut sudah diinformasikan melalui edaran di website students.bsi.ac.id.

“PKL merupakan awal mula perjalanan mendapatkan pengalaman. Dalam proses PKL mahasiswa secara langsung dibimbing oleh pembimbing dari kantor tersebut,” tukasnya.

Tambahnya, dari sana mahasiswa belajar tentang pekerjaan yang dijalani, dari sudut pandang yang baru hingga suasana yang belum pernah dirasakan. PKL yang dilakukan juga dapat menambah poin pada Curriculum Vitae mahasiswa.

“Dengan adanya sosialisasi nanti, semoga dapat memberikan informasi serta pengalaman kepada mahasiswa dan dosen prodi Teknologi Komputer Universitas BSI. Khususnya untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan PKL nanti,” tandasnya.