Jakarta BSI-News

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian kepada masyarakat berkolaborasi bersama Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (31/07).

Kegiatan pengabdian ini diinisiasi oleh Amir, yang sekaligus sebagai ketua, Nur Alam, sebagai pemateri, Khairul Rizal, dan Deni Gunawan , sebagai anggota.

Dengan mengusung tema  “Tips Strategi Efektif untuk Konten Media Sosial Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) JakPreneur Kramat Jati,”, Nur Alam  menjelaskan, pengenalan mengenai teknologi khususnya dalam menawarkan produk yang sebelumnya secara tatap muka kini berubah secara online.

“Hal tersebut perlu adanya transformasi dan adaptasi yang cepat di bidang UMKM. Media sosial menjadi salah satu langkah efektif, untuk sarana promosi produk jualan,” katanya, dalam rilis yang diterima, Senin (2/8).

Para peserta juga terlihat sangat peduli terhadap perubahan teknologi dari respon saat mengikuti paparan materi dari kegiatan ini.

“Hal ini sangat baik, karena  dapat berpengaruh terhadap metode promosi produk dari yang sebelumnya offline sekarang dapat dilakukan secara online diberbagai platform. Seperti contohnya dalam promosi pada media sosial, hal ini tentu diperlukan sebuah konten yang menarik minat pembeli baik berupa Video ataupun Grafis,” tutur Nur Alam.

Amir  mengungkapkan, pelaku UMKM sangat bersemangat mengikuti pelatihan ini terutama ditengah situasi pandemi seperti sekarang ini. Menurutnya, di masa pandemi ini, kegiatan usaha bisa tetap berkembang dan maju, dengan strategi-strategi online yang tepat.

“Dengan melakukan usaha dibidang online setidaknya dapat menambah penghasilan mereka serta dapat mengoptimalkan promosi pada media sosial karena perkembangannya terus meningkat,” pungkanya.

Duma salah seorang peserta yang memiliki usaha kuliner mengaku, dengan adanya kegiatan ini, ia lebih tahu lagi mengenai strategi-strategi yang bermanfaat dalam menambah wawasan, serta berharap kegiatan serupa dapat terus berlanjut.

 “Menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami pelaku UMKM untuk membuat promo produk dengan video dan design. Saya juga berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini karena kami sangat perlu pendampingan lanjutan. Terima kasih para dosen dari Universitas BSI atas ilmunya,” ujar Duma.