MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) INTERNAL HIBAH PENGABDIAN MASYARAKAT TAHUN 2019

0 19

Jakarta Bsi-News

Peningkatan mutu pendidikan tinggi dapat diukur diantaranya dari seberapa jauh proses yang dilaksanakan dalam tridarma perguruan tinggi dapat menjadi penghela perkembangan budaya di dalam masyarakat. Peningkatan mutu ini harus selalu didorong untuk meningkatkan peran perguruan tinggi dalam upaya memperbaiki kualitas hidup masyarakat dan bangsa. Dengan demikian, proses pendidikan, hibah pengabdian kepada masyarakat, dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan pendidikan tinggi harus selalu diperbaharui untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan ilmu pengetahuan. Hingga saat ini program Pengabdian kepada Masyarakat masih belum berhasil menarik minat dosen dibandingkan dengan bidang hibah penelitian. Untuk meningkatkan minat dosen, Dikti telah mengembangkan skema-skema baru Pengabdian kepada Masyarakat, selain juga telah meningkatkan pagu anggaran untuk pengabdian.

Dalam pelaksanaan pengelolaan pengabdian kepada masyarakat, terdapat beberapa tahapan kegiatan, yaitu tahapan pengusulan, seleksi, pelaksanaan kegiatan dan pelaporan. Tahapan lain yang ada dalam pelaksanaan kegiatan adalah monitoring dan evaluasi (monev). Monev dilaksanakan untuk menjamin bahwa kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan usulan yang diajukan. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Internal Hibah Pengabdian Masyarakat Tahun 2019 di kampus UBSI Jalan Dewi Sartika 289, Jakarta Timur, Jumat 27 September 2019.

Kegiatan Monev diikuti 9 dosen Universitas Bina Sarana Informatika yang sudah lolos mengajukan dana hibah pengabdian masyarakat tahun  pelaksanaan 2019. untuk jumlah peserta berjumlah 9 orang yang terdiri dari 3 kelompok dan mengundang reviewer Ibu Dr. Baiatun Nisa, S.Pd., M.Pd

Ketua pelaksana Taufik Baidawi, M.Kom mengatakan tujuan dari kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Internal Hibah Pengabdian Masyarakat Tahun 2019 ini adalah Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang sudah didanai dari Ristekdikti serta mengetahui kemajuan dan hambatan-hambatan yang terjadi selama proses pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Lebih lanjut ia menyampaikan manfaat dari kegiatan ini selain memberikan penilaian terkait kemajuan kegiatan pengabdian masyarakat juga dapat mengevaluasi kemajuan dan adanya hambatan yang terjadi saat proses pelaksanaan Pengabdian Masyarakat 2019.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.