Mahasiswa UBSI Kaliabang Mengikuti Workshop Uji Profisiensi Sistem Basis Data

0 1

Bekasi Bsi-News

Kualitas akademik seorang mahasiswa dapat dilihat dari kompetensi yang dimiliki. Salah satu aspek akademik yang menjadi perhatian bagi perguruan tinggi di Indonesia adalah mempersiapkan mahasiswanya memiliki sertifikasi kompetensi sesuai bidangnya masing-masing. Melihat hal tersebut, Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika menggelar workshop dengan tema “Workshop dan Uji Profisiensi Sistem Basis Data”. Kegiatan tersebut diadakan di Kampus UBSI Kampus Kaliabang pada tanggal 27 November 2019 dengan dipandu oleh moderator Bapak Mochamad Nandi Susila, M.Kom dan pembicara Ibu Rahayu Ningsih, M.Kom selaku penanggung jawab mata kuliah Sistem Basis Data.

Workshop diikuti oleh 66 mahasiswa yang hadir dari UBSI kampus Kaliabang Program Studi Sistem Informasi semester 3 yang akan mengikuti Uji Profisiensi Sistem Basis Data. Uji Profisiensi Sistem Basis Data yang akan diikuti oleh para mahasiswa merupakan bentuk kerja sama Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika dengan pihak E-Test For Indonesian Professional (Knowledge Proficiency) yaitu PREINEXUS. Sertifikat yang nanti dimiliki oleh mahasiswa, sebagai hasil mengikuti uji profisiensi sistem basis data telah diakui oleh IAII (Ikatan Ahli Informatika Indonesia). Sedangkan tujuan dari diadakannya workshop ini adalah sebagai sarana persiapan bagi para mahasiswa agar siap dalam mengikuti Uji Profisiensi.

Rahayu Ningsih selaku pembicara, memulai sesi pemaparan materi dengan menyampaikan pentingnya memiliki pengakuan kompetensi untuk mahasiswa sebelum menyelesaikan perkuliahan, salah satunya kompetensi dibidang sistem basis data. Selain itu, pembicara juga memberikan materi-materi seputar sistem basis data sebagai bekal untuk mahasiswa menghadapi soal-soal ujian yang akan diikuti. Workshop ditutup dengan terlebih dahulu diadakannya sesi simulasi Uji Profisiensi dengan mengakses situs ujian yang telah disediakan oleh pihak PREINEXUS. Para peserta workshop mengerjakan soal-soal simulasi sistem basis data secara online dengan memanfaatkan koneksi wifi yang disediakan oleh pihak UBSI kampus Kaliabang.

Pembicara mengharapkan agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik, seperti mempelajari kembali materi-materi sistem basis data yang pernah dipelajari diperkuliahan, agar lebih siap dalam menyelesaikan soal-soal dalam Uji Profisiensi Sistem Basis Data. Sehingga kegiatan workshop ini dapat memiliki nilai guna bagi mahasiswa itu sendiri.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.