Sosialisasi Event Management Kepada Remaja Masjid Almunawaroh Cengkareng

0 41

AKOM JAKARTA UBSI

Jakarta BSI-News

Sabtu 16 November 2019 tepatnya di Masjid Almunawaroh Cengkareng yang terletak di Jalan Bambu Kuning Raya No.29 Cengkareng Jakarta Barat, telah diselenggarakannya Sosialisasi Event Management kepada Remaja Masjid Almunawaroh Cengkareng. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen AKOM Jakarta UBSI, yang dihadiri oleh Edi Wijaya M.IKom sebagai tutor, Horidatul  Bakiyah M.IKom sebagai ketua, Cindya Yunita Pratiwi M.IKom, Bambang Haryono MM, Fajar Shidiq, Qudsiah Nur Azizah, dan Syahrul Munir sebagai anggota. Karena kegiatan ini bersifat edukasi, para peserta yang ditujukan kepada remaja masjid yang tinggal di wilayah setempat sangat antusias. Hal ini terbukti dari sambutan yang sangat baik sehingga program sosialisasi dapat diselenggarakan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana kegiatan. Jumlah peserta yang terlibat berjumlah 30 orang.

Remaja masjid adalah perkumpulan remaja masjid yang melakukan aktivitas social dan ibadah di lingkungan suatu masjid. Remaja masjid merupakan salah satu penggerak kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh DKM Masjid. Oleh karena itu sumber daya manusia dalam hal ini adalah remaja masjid harus diberikan informasi dan edukasi tentang pengelolaan kegiatan-kegiatan yang nanti akan diselenggarakan untuk memakmurkan masjid. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah mengadakan acara bazaar, bakti social, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Miraj dan kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut harus dikelola dengan baik, pengelolaan kegiatan tersebut biasa dikenal dengan sebutan Event Management. 

Mengangkat tema Event Manajemen karena biasanya masjid pasti memiliki rangkaian rencana acara kegiatan yang digunakan untuk memakmurkan masjid, dan masjid yang paling dekat dari Universitas BSI adalah masjid Almunawaroh. Tema ini diharapkan mampu membantu dan memudahkan remaja masjid dan jajaran DKM lainnya untuk menyelenggarakan acara-acara yang melibatkan pengunjung masjid. Kegiatan – kegiatan tersebut diharapkan mampu meramaikan masjid sehingga masjid Almunawaroh memang digunakan sebagai tempat ibadah dan ritual social yang dapat memupuk ukhuwah islamiyah sehingga masjid Almunawaroh dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.