PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN STRATEGI MEMPERTAHANKAN USAHA PASCA COVID 19

1 18

PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN  PROGRAM STUDI MANAJEMEN (S-1) FAKULTAS EKONOMI & BISNIS UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

Jakarta Bsi-News

Pandemi Virus Covid-19 yang merebak di Indonesia saat ini dapat mengancam  stabilitas perekonomian di Indonesia. Bahkan, ekonomi Indonesia diprediksi dapat masuk ke dalam skenario terburuk selama masa pandemi ini. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dijalankan untuk mengatasi Pandemi Covid 19 dapat meningkatkan risiko sektor industri, khususnya pelaku UMKM menghadapi gangguan signifikan dalam hal kesinambungan bisnis mereka. Kunci untuk bertahan adalah tetap optimistis dan selalu beradaptasi dengan keadaan. Pelaku UMKM yang dapat menyusun rencana secara terstruktur baik di masa pandemi ini maupun setelah pasca pandemi akan mampu bergerak lebih cepat seperti sediakala. Dalam upaya peningkatan sektor UMKM, khususnya di masa Pandemi Covid 19 dan Pasca Pandemi Covid 19 maka upaya yang dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia salah satunya adalah melakukan kegiatan pembinaan kepada pelaku-pelaku UMKM. Banyak upaya yang telah dilakukan dan akan terus dilakukan untuk melakukan pembinaan terhadap pelaku-pelaku UMKM, khususnya saat ini atau setelah pasca Covid 19. Salah satu upaya tersebut adalah dengan  melakukan kolaborasi antara Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dengan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bina Sarana Informatika untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan Strategi Mempertahankan Usaha Pasca Covid 19.

Sesuai dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di masa Pandemi Covid 19, maka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diadakan menggunakan media aplikasi Zoom pada hari Sabtu, tanggal 02 Mei 2020 berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema “Strategi Mempertahankan Usaha Pasca Covid 19”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Bpk. Dede Suleman dan yang bertindak selaku tutor adalah Ibu Ida Zuniarti dengan dibantu oleh Ibu Rina Oktiyani, Bpk. Taat Kuspriyono dan Ibu Imelda Sari serta 2 (dua) orang mahasiswa dari Program Studi (S-1) Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Dwi Indriani dan Indria Salsabila. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 22 orang peserta para pelaku UMKM binaan KADIN. Kegiatan  pengabdian masyarakat ini dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari Bpk. Edy Ganefo (Ketua KADIN Indonesia) dan Bpk. Dede Suleman, S.E, M.M yang menyampaikan tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah agar para pelaku UMKM dapat menggunakan strategi pemasaran yang tepat pasca covid 19. Dalam Kegiatan pengabdian ini Bpk. R.M. Tedy menjelaskan tentang pentingnya menentukan strategi yang tepat dalam mempertahankan kegiatan usahanya baik pada masa pandemi maupun pasca covid 19. Pengabdian masyarakat ini berakhir tepat pada pukul 14.00 WIB.

Semoga Pengabdian Masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan dengan tema Strategi Mempertahankan Usaha Pasca Covid 19 ini dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM binaan KADIN. (DLN)

1 Comment
  1. […] Baca Juga: PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN STRATEGI MEMPERTAHANKAN USAHA PASCA COVID 19 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.