PERAN MAHASISWA SISTEM INFORMASI DALAM PEMBANGUNAN KOTA BERNUANSA DIGITAL

1 1,012

Jakarta Bsi-News

Apa peran mahasiswa dalam paradigma pembangunan kota dengan nuansa Digital..? Dimana Teknologi informasi sangat berperan aktif dalam pembangunan kota khususnya dalam pemecahan masalah yang dihadapi oleh masyarakat pada umumnya. Seperti diketahui masih banyak dilingkungan sekitar yang masih melakukan proses bisnis mereka dengan cara konvensional dan berdampak pada efektifitas dan efisiensi yang sangat minim. Dalam hal inilah peran mahasiswa dapat diuji, apakah mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dilingkungan masyarakat. Universitas bina sarana informatika hadir dengan salah satu program studi unggulannya yaitu program studi sistem informasi (D3) yang tersebar dibeberapa kota seperti Jakarta, Karawang, Bogor, sukabumi, tegal, banyumas, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Pontianak mendorong para mahasiswa didiknya dalam memberikan ide dan karya dalam pembangunan kota dengan nuansa digital.

Salah satu unggulan dari program studi sistem informasi ini adalah dengan adanya program Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilakukan mahasiswa pada semester 5. Dimana mahasiswa diwajibkan untuk menganalisa atau mencari permasalahan sistem yang ada di lingkungan masyarakat untuk kemudian memberiklan solusi dengan merancang sebuah sistem informasi dalam pemecahan masalahnya.

Aldi wiguna merupakan salah satu mahasiswa program studi sistem informasi kampus kabupaten karawang yang cukup aktif dalam berperan serta menciptakan digitalisasi sistem pada lingkungan industri dan masyarakat pada umumnya. Dari hasil Obrolan Seputar Program Studi Sistem Informasi (OPSI) 30 Juni 2020, aldi mengutarakan bahwa dirinya sangat bersyukur dan bangga karena bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan kota dengan nuansa digital. Dirinya mampu membangun sebuah sistem informasi http://www.jibuhin.co.id/  pada sebuah perusahaan tempat dia melaksanakan praktik kerja langan (PKL) saat semester 5. “Materi perkuliahan selama 4 semester di prodi sistem informasi Universitas bina sarana informatika mampu memberikan saya pengetahuan akan Analisa permasalahan sistem dan membangun sebuah sistem informasi dalam pemecahan masalahnya, ujar aldi”. Tidak hanya dalam lingkungan industri saja, namun dilingkungan Lembaga kepemerintahan, aldi juga mencoba memeberikan inovasi digital melalui proyek sistem informasi yang dilakukan saat penyusunan Tugas Akhirnya, dimana aldi saat ini sedang membangun sebuah Aplikasi Pengelolaan Data Penduduk & Pembuatan Surat (PDPS)  http://pdps.aldiwap.me/  pada sebuah kecamatan di Kabupaten Karawang. “saat ini saya sedang menyusun Tugas Akhir sekaligus ingin memberikan kontribusi terhadap lingkungan sekitar dengan membangun sebuah aplikasi PDPS, dengan harapan saya dapat menyelesaikan kuliah dan memberikan inovasi digital dengan komputerisasi sistem pembuatan surat yang selama ini masih menggunakan cara konvensional dalam proses bisnisnya, Lanjut aldi”.

Obrolan Seputar Program Studi Sistem Informasi (OPSI) merupakan salah satu icon yang dimiliki prodi sistem informasi universitas bina sarana informatika dalam merangkul mahasiswa dan alumni untuk terus memotivasi dan terus berkarya dalam menciptakan inovasi bernuansa digital dalam pembangunan kota ke arah yang lebih maju dengan hadirnya teknologi informasi.

(OPSI #1-Obrolan Seputar Prodi SI UBSI).

1 Comment
  1. […] Baca Juga: PERAN MAHASISWA SISTEM INFORMASI DALAM PEMBANGUNAN KOTA BERNUANSA DIGITAL […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.