UBSI Pontianak Hibah Aplikasi Pencatatan SPP kepada Ma’had Al-Ayman Pontianak

0 54

Jakarta Bsi-News

Tim pengabdian masyarakat Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Pontianak menghibahkan Aplikasi Pencatatan Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) kepada Ma’had Al-Ayman. Ma’had Al-Ayman merupakan tempat pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Cahaya Sunnah Khatulistiwa yang terletak di Jalan Prof. M. Yamin Gang Atlas Pontianak. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan terhadap penggunaan aplikasi SPP kepada staf di Ma’had Al-Ayman Pontianak.

Tim pengabdian yang diketuai oleh Riski Annisa dan 3 anggota lainnya yaitu Reza Maulana, Weiskhy Steven Dharmawan dan Muhamad Syarif selaku dosen UBSI Pontianak serta dibantu 3 orang mahasiswa. Kegiatan ini sebagai bentuk kerjasama antara Dosen UBSI dan Ma’had Al-Ayman dalam melaksanakan pengabdian masyarakat yang sudah berlangsung selama empat bulan dari bulan April dan berakhir pada bulan Juli 2020. Kegiatan pengabdian untuk memberikan pelatihan diikuti oleh 9 staf Ma’had Al-Ayman. Materi yang disampaikan mengenai cara-cara pengoperasian aplikasi yang dihibahkan, dimulai dari cara masuk ke akses aplikasi hingga cara mencetak laporan.

Hibah aplikasi dan pelatihan ini dilaksanakan agar dapat membantu Ma’had Al-Ayman dalam pengelolaan dana SPP dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sudah berkembang, juga memudahkan dalam pelaporan akhir lembaga nantinya.

“Aplikasi yang dibuat merupakan aplikasi pengelolaan data SPP agar pencatatan dana siswa menjadi lebih terorganisir dengan baik dengan memanfaatkan sistem yang terkomputerisasi, harapannya aplikasi hibah ini dapat membantu staf Ma’had Al-Ayman Pontianak dalam proses pencatatan dan pelaporan SPP,”ujar Riski.

Okha Frihetty, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah Ma’had Al-Ayman Pontianak sangat merespon baik kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen UBSI Pontianak.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi lembaga dalam pengelolaan data dana pendidikan. Semoga kegiatan dan kerjasama ini dapat terus berlanjut kedepannya dan dapat membantu mengembangkan Ma’had Al-Ayman lebih baik lagi kedepannya,”tutur Okha.

Leave A Reply

Your email address will not be published.