Rapat UPA Prodi Penyiaran: Evaluasi Perkuliahan Daring Serta Penyesuaian Sistem Magang Masa Pandemi Covid-19

0 86
Perkuliahan Daring Serta Penyesuaian Sistem Magang Masa Pandemi Covid-19

Jakarta Bsi-News

Rapat unit pengembang akademik prodi penyiaran dilaksanakan pada hari senin dan selasa (27 dan 28 Juli 2020) dengan pembahasan evaluasi perkuliahan daring pada semeseter genap 2019/2020 dan penyesuaian edaran magang mahasiswa semester V pada masa pandemi COVID-19. Rapat ini dilakasanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Jalannya rapat ini dibuka dengan pemaparan A.Munanjar S.I.Kom, MM selaku kaprodi penyiaran yang membahas evaluasi pembelajaran mahasiswa secara daring, adapun temuan permasalahan yang ditemui adalah keterbatasan kuota internet mahasiswa dalam proses belajar mengajar, masih terlihat kurangnya interaksi mahasiswa selama pembelajaran daring dengan dosen, keterbatasan gerak bagi mahasiswa dalam pengerjaan/produksi tugas, komunikasi dengan dosen dalam proses pembelajaran atau pun bimbingan tugas melalui online masih dirasa kurang maksimal, dan kurangnya materi/bahan ajar pendukung kompetensi mahasiswa seperti workhsop.

Dalam pembahasan tersebut tim UPA penyiaran memberikan masukan dari temuan masalah yang ada dengan memberikan memberikan materi berupa video pembelajaran, memotivasi mahasiswa untuk semakin kreatif dalam pengerjaan tugas di tengah keterbatas, dan merancang kontrak kuliah yang disesuaikan dengan kondisi pendemi COVID-19.

Selain pembahasan mengenai metode pembelajaran daring, dalam rapat evaluasi ini juga membahas mengenai penyesuaian sistem magang pada masa pandemi COVID-19 untuk mahasiswa semester 5 nantinya. Kaprodi dan Tim UPA, menyesuaikan kondisi magang masa pandemi COVID-19 dengan tiga skema yang telah ditentukan dari kampus. Ketiga skema ini disesuiakan bidang pekerjaan di prodi penyiaran yaitu berfokus pada produksi televisi, produksi radio, produksi media siar (Production House, Youtube Channel, TV lokal, portal berita cetak dan online, serta media sosial) dan magang dengan bidang manajemen produksi TV/Radio, penulis naskah, tim kreatif/konten kreatif, asisten produksi, kameramen, editor, desain grafis, animator, fotografi studio, fotografi berita, dan bidang industri kreatif penyiaran lainnya. Sebelum pelakasanaan magang atau PKL ini, prodi penyiaran akan memberikan sosilasasi kepada mahasiswa agar dapat tepat memilih skema magang.

Untuk proses pembelajaran pada semester Gazal 2020/2021 Tim UPA prodi penyiaran memberikan ide dalam pelaksanaan workshop dilakukan secara daring yang disesuaikan dengan mata kuliah pada semester I, III, dan 5. Hal ini diharapkan agar mahasiswa dapat memahami lebih lanjut terkait kompetensi-kompetensi yang akan mereka dapatkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.