UBSI Hadirkan Pembicara Dari Luar Negeri Dalam Seminar ICAISD

0 34

Jakarta-Bsi News

Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan kegiatan International Conference on Advanced Information Scientific Development (ICAISD) dengan tema“Scientific Information for Living Welfare”. Konferensi internasional ini diselenggarakan pada tanggal 6-7 Agustus 2020 dengan diikuti para peneliti yang berasal dari berbagai Perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini diadakan secara online dengan mengundang keynote speaker dari berbagai Negara, yaitu Prof. Zainal A. Hasibuan selaku pimpinan APTIKOM dan Prof. Dr. Herman Mawengkang dari Universitas Sumatera Utara, keduanya berasal dari Indonesia, Prof. Gerhard W. Weber yang berasal dari Polandia, serta Prof. Dr. Dorlen De Tombe yang berasal dari Belanda. Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mendorong dan menghasilkan hasil-hasil penelitian yang terpublikasi secara internasional dari para peneliti yang dapat bermanfaat bagi kehidupan sesuai bidang ilmu yang diteliti dan mengikuti tren teknologi terkini.

Salah satu tim peneliti yang ikut berpartisipasi dalam sumbangsih penelitian yang dihasilkan mengangkat tema “Motorized Vehicle Security System With Master And Slave Key models”. Penelitian tersebut dilakukan oleh beberapa peneliti dari Universitas Bina Sarana Informatika yaitu, Sriyadi, M.Kom, Andriansah, M.Kom, Mochamad Nandi Susila, M.Kom, Imam Nawawi, M.Kom, Meiva Eka Sri Sulistyawati, SS. M.Pd, Sufi Alawiyah, S.Kom, M.Pd, serta satu peneliti dari STMIK Nusa Mandiri yaitu Maruloh, M.Kom. Penelitian yang dihasilkan oleh tim peneliti ini untuk menjawab tantangan terhadap meningkatnya jumlah pengguna kendaraan bermotor diikuti pula dengan kesadaran menjaga kendaraan bermotor yang dimiliki agar tidak terjadi kehilangan atau pencurian kendaraan bermotor.

Dalam kegiatan konferensi internasional tersebut, pemaparan materi dari tim dijabarkan oleh Bapak Sriyadi, M.Kom dengan menjabarkan SIKEMO atau prototype dari hasil penelitian. SIKEMO merupakan solusi terhadap keamanan kendaraan bermotor dimana akses menggunakan kendaraan tidak hanya menggunakan kunci manual, tetapi memanfaatkan teknologi terkini yaitu arduino. Sehingga tidak semua orang dapat menggunakan kendaraan, terkecuali sudah terdaftar pada sistem aplikasi menggunakan key atau kunci khusus untuk akses kendaraan. Sedangkan untuk implementasi SIKEMO dijabarkan oleh Bapak Maruloh, M.Kom pada konferensi internasional ini dengan menunjukan master dan slave sebagai aplikasi penerapan hasil penelitian.

Diharapkan dari hasil penelitian SIKEMO sebagai prototipe yang didukung dengan memanfaatkan software dan hardware, dapat bermanfaat dalam meningkatkan keamanan pengguna kendaraan bermotor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.