Internet of Things (IoT) dan Revolusi Industri 4.0

0 1,511

Jakarta Bsi-News

Perkembangan teknologi informasi mendorong perubahan zaman yang semakin pesat. Pada era revolusi industri 4.0 ini, kita mungkin sering mendengar istilah Internet of Things (IoT). Ke depan, peluang dan potensi pasar (market place) dari IoT ini akan semakin besar.

IoT sendiri dapat diartikan sebagai aktivitas antara manusia dan benda (things), benda dengan benda, seperti sensor, robot, platform, dan cloud yang terhubung melalui protokol komunikasi standar untuk saling menerima atau mengirimkan informasi sehingga memungkinkan proses kerja tertentu menjadi lebih efisien. Potensi IoT di Indonesia sangatlah besar. Namun tentu saja, selain ada peluang juga ada tantangan yang harus dihadapi, misalnya masalah pemerataan infrastruktur jaringan dan kondisi geografi.

Ada sejumlah komponen dalam pengembangan IoT yang sangat berpengaruh, pertama adalah manusia. Cepat atau lambatnya perkembangan IoT di Indonesia dipengaruhi oleh kualitas SDM di wilayah tersebut.

Prodi Teknologi Komputer UBSI Kampus Kota Tegal merasa terpanggil dan berkepentingan untuk mempersiapkan mahasiswa dan lulusannya dalam menghadapi perkembangan teknologi terbarukan ini khususnya tentang Internet of Things (IoT), sehingga diharapkan nantinya kita bisa menjadi bagian dalam pengembangan dan pembangunan IoT di negeri sendiri, tidak sebagai penonton atau pengguna saja. Melalui webinar ini akan dibahas teknologi IoT di era industri 4.0 ini, sebagai salah satu upaya kita mengenalkan dan “membumikan” perkembangan teknologi IoT kepada masyarakat secara umum dan kepada mahasiswa kita.

Berdasarkan paparan di atas, salah satu cara untuk mengoptimalkan waktu dimasa pandemi covid-19 ini, maka Program Studi Teknologi Komputer UBSI Kampus Kota Tegal akan mempersembahkan Webinar dengan tema “Internet of Things (IoT) dan Revolusi Industri 4.0” Webinar ini akan menghadirkan nara sumber yakni Suleman, M.Kom yang merupakan Ketua Program Studi Teknologi Komputer UBSI Kampus Kota Tegal.

Webinar ini akan sangat menarik yang disajikan dalam bentuk obrolan santuy di masa pandemi covid-19. Agar kita (red=mahasiswa) tetap produktif, bisa mengoptimalkan kemampuan, memperluas khasanah ilmu serta wawasan tentang teknologi IoT dan Industri 4.0 yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 29 Agustus 2020 pukul 14:00-15:30 WIB. Webinar ini dikemas dan ditujukan untuk semua kalangan, terutama untuk mahasiswa, kita akan lebih mengetahui apa dan bagaimana teknologi IoT di era industri 4.0 ini. Pendaftaran webinar ini (gratis), tidak dikenakan biaya. Ayo segera daftarkan diri anda melalui link berikut ini: https://bit.ly/UBSINEXT2020-FTI (shule)

Leave A Reply

Your email address will not be published.