GERAKAN MAHASISWA BERPRESTASI (GEMASS) PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI BIDANG UX DESIGN

0 47

Jakarta-BsiNews

Kompetisi bidang UX Design akan menjadi Obrolan Seputar Sistem Informasi (OPSI) Universitas Bina Sarana Informatika.  Di tengah kondisi pandemic Covid 19.  Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kembali menyelenggarakan kegiatan “Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK” atau GEMASTIK XIII tahun 2020. GEMASTIK merupakan kegiatan rutin tahunan berupa kompetisi bidang teknologi informasi dan komunikasi tingkat nasional yang diikuti mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Salah satu tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai media bagi mahasiswa untuk terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasi dalam pengembangan TIK untuk keunggulan daya saing bangsa. Universitas Telkom Bandung kali ini ditunjuk sebagai penyelenggara kegiatan GEMASTIK XIII/2020. Berbeda dari penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, GEMASTIK XIII/2020 diadakan secara daring, mulai dari tahap pendaftaran, penyisihan hingga babak final dan puncak acara. Terdapat 11 Divisi Cabang Kompetisi yang diperlombakan seperti Pemrograman, Keamanan Siber, Penambangan Data, UX Design, Animasi, Smart City, Karya Tulis Ilmiah TIK, Software Development, Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT, Game Development, ICT Business Development.

Menjawab tantangan dalam berkarya dan berinovasi, Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika mengirimkan 28 mahasiswa-mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti GEMASTIK XIII/2020. UX Design atau Desain Pengalaman Pengguna adalah salah satu divisi kompetisi yang diikuti mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dengan terbagi menjadi 2 tim duta lomba, dengan masing-masing tim terdiri dari 3 mahasiswa. UX Design sendiri adalah kompetisi desain interaksi produk yang berorientasi pada kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna dengan fokus utama pada pengalaman yang dirasakan pengguna ketika sedang menggunakan aplikasi tersebut secara menyeluruh. Guna menyiapkan 2 tim duta lomba UX Design, Program Studi Sistem Informasi mengadakan coaching awal pada tanggal 25 Agustus 2020 melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan coaching ini, bertujuan agar 2 tim UX Design mampu menyelesaikan output lomba seperti proposal, poster dan video clip dengan baik sesuai dengan ketentuan divisi kompetisi UX Design.

Pengarahan terhadap 2 tim duta lomba UX Design diberikan oleh Mochamad Nandi Susila, M.Kom dan Andriansah, M.Kom sebagai dosen pembimbing dari  Program Studi Sistem Informasi. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, dengan masing-masing sesi diberikan untuk 1 tim. Materi pengarahan yang disampaikan seperti teknis dan timeline GEMASTIK XIII/2020, hingga tips dan trik membuat proposal, poster, hingga video clip yang baik. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengarahan awal ini, kedua tim duta lomba UX Design mampu bersaing ditingkat nasional dalam GEMASTIK XIII/2020 dan memberikan prestasi bagi Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika.

Leave A Reply

Your email address will not be published.