Penyuluhan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Kepada Anggota Panti Asuhan Ar Ridho

0 3

Jakarta BSI News

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diprakarsai oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika dan selalu dilaksanakan di setiap semesternya untuk mewujudkan kelengkapan Tridarma Perguruan Tinggi selain kegiatan mengajar dan menulis yang diterbitkan di jurnal atau pun Prosiding.

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Panti Asuhan Ar Ridho Kota Depok Jawa Barat Jakarta Barat pada 26 September 2020 secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Langkah ini diambil untuk mematuhi kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di Kota Depok guna menekan penyebaran pandemi Covid-19. Kegiatan ini melibatkan tutor dari dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika.  Pelaksanaan Pengabdian ini diketuai oleh Bapak Fahmi Kamal, SE, MM dengan Ibu Lilik Yuliawati, S.Pd, M.M, M.Pd sebagai Tutornya, yang dibantu oleh beberapa mahasiswa Yuliyanti Nur Hikmah, dan Leniati Laia.

Para peserta pelatihan terdiri dari anak – anak Panti Asuhan Ar Ridho Kota Depok Jawa Barat. Tema yang diambil adalah Penyuluhan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Kepada Anggota Panti Asuhan Ar Ridho Kota Depok Jawa Barat. Bagaimana memanfaatkan peluang usaha? Yaitu dengan mempelajari Kebutuhan Pasar (tentukan sasaran yang akan memanfaatkan produk yang kita hasilkan), menganalisis gagasan usaha yang akan kita lakukan (apakah laku dijual, berapa biayanya, berapa keuntungannya?) Kemudian mulailah usaha yang kita rencanakan (peluang usaha apa yang dapat dikembangkan). Ada beberapa hal yang perlu diingat untuk para wirausahawan muda yaitu memulai usaha memang berisiko, tetapi  tidak memulai jauh lebih berisiko, karena  tidak ada harapan perubahan/ kemajuan. Semua pengusaha sukses pernah mengalami kegagalan. Tidak ada masalah yang bermasalah, yang menjadi masalah adalah cara kita yang salah  dalam memecahkan masalah. Bulatkan tekad jika ingin memulai usaha niscaya akan menemukan solusi terbaik. Tuhan memberi masalah sekaligus solusinya. Firman Allah dalam Al Quran : Allah tidak akan mengubah nasib suatu bangsa / kaum, sebelum  bangsa / kaum itu mengubah apa yang ada di dalam dirinya  sendiri (QS; Ar-Rad 13, ayat 11). Kegiatan penyuluhan kewirausahaan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan anak – anak anggota Panti Asuhan Ar Ridho Kota Depok Jawa Barat dalam berwirausaha juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pribadi dan masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.