Berbekal Didikan BSI Entrepreneur Center, Mahasiswa UBSI Sukses Menjadi Entrepreneur

0 96

Pontianak Bsi-News

Menjadi suatu hal yang membanggakan bagi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Musliha Mahasiswi didikan BSI Entrepreneur Center (BEC) Pontianak, ini memiliki banyak usaha yang saat ini ia jalankan.

Musliha mengaku berawal dari tugas mata kuliah Entrepreneurship, ia dan teman-teman kelompoknya mencari ide bisnis apa yang kira-kira memiliki peluang untuk digarap.

Musliha, salah satu mahasiswi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak ini baru saja menyelesaikan studi program Diploma 3 nya.

Terlintaslah ide untuk membuat usaha kuliner kerupuk debog pisang yang mereka namakan kerupuk debus. Itu awal mula usaha yang ia rintis bersama teman-temannya.

Berbekal dari ilmu yang didapatkan selama mengenyam mata kuliah Entrepreneurship, banyak hal-hal yang didapatkan seputar dunia Entrepreneur. Tidak hanya itu Musliha juga mengaku setelah bergabung di komunitas BEC Pontianak, disana ia banyak sekali mendapat ilmu tentang entrepreneurship.

BEC Pontianak mengajarkan dan membimbing mahasiswa tentang bagaimana menciptakan ide bisnis yang bagus dengan memanfaatkan peluang yang ada, lalu cara memanajemen keuangan usaha, dan juga ada coaching dari para pelaku bisnis tentang cara mempromosikan produk lewat online/sosmed maupun offline.

Musliha merasa mahasiswa benar-benar difasilitasi untuk berwirausaha dengan adanya BEC ini.

“Selain kerupuk debus, saat ini saya juga punya bisnis lain yaitu usaha percetakan sablon yang saya bangun bersama teman. Nama percetakannya Galeri Volca, yaa baru berjalan sekitar 7 bulanan, lokasinya itu di Jl. Martadinata Pontianak,” ujar mahasiswi yang biasa disapa Liha ini, Kamis 15 Oktober 2020.

Ia melanjutkan, Galeri Volca ini selain bisa mencetak mug, banner, X-Banner, pin, kartu nama, stempel juga menyediakan kado-kado unik yang bisa dijadikan sebagai hadiah pernikahan, anniversary, kado ulangtahun, ataupun pemakaian pribadi.

“Kado-kado unik itu sifatnya bisa custom misalnya mug dengan foto, piring foto, pin foto, intinya segala sesuatu yang bisa ditempel foto, juga bisa mencetak sablon kaos menggunakan foto request dari pelanggan,” lanjut Musliha.

Saat ini, ia hanya memasarkan produknya secara online melalui Facebook (Galeri Volca) dan nanti akan ditingkatkan lagi untuk promosi usaha lewat media sosial lainnya.

“Harapan kami kedepannya, usaha Galeri Volca yang sedang kami rintis ini berjalan dengan lancar dan bahkan bisa berkembang lagi, target pasarnya tidak hanya dari kota Pontianak saja namun dari luar kota, bisa memperbanyak alat-alat sablon dan menambah karyawan. Sehingga nantinya bisa membuka lowongan kerja buat bantu temen-temen yang belum memiliki pekerjaan,” tutur Liha.

Ketua BEC Pontianak, Nurmalasari sangat mendukung baik mahasiswa maupun alumni UBSI Pontianak yang ingin berwirausaha atau sedang merintis usaha agar bisa sukses menjadi pengusaha melalui komunitas BEC.

Leave A Reply

Your email address will not be published.