Dosen UBSI Gelar Pelatihan Komunikasi di Era New Normal untuk Para Remaja Yayasan Panti Asuhan Al Mabrur

0 44

Jakarta Bsi-News

Berkait pagebluk Covid-19, sekolah – sekolah dan semua institusi pendidikan diliburkan sampai dengan saat ini. Tapi dengan diliburkannya sekolah bukan berarti proses belajar juga dihentikan akan tetapi tetap dilaksanakan dengan sistem On line / Pembelajaran Jarak Jauh. Termasuk juga untuk seluruh lini kehidupan, di pemerintahan, sekolah, di pusat – pusat perbelanjaan termasuk juga di dalam nya yayasan – yayasan sosial dalam hal ini Yayasan yatim piatu.

Hal ini membuat komunikasi antar manusia banyak bergantung pada komunikasi non tatap muka yang difasilitasi lewat internet semisal aplikasi messenger seperti Whassap atau aplikasi conference seperti Zoom.

Padahal cukup banyak perbedaan cara komunikasi secara tatap muka atau bertemu langsung dengan komunikasi yang menggunakan layanan internet. Sementara itu masih banyak pihak yang masih belum menyadarinya karena masih belum terbiasa dalam berkomunikasi non tatap muka yang difasilitasi lewat internet.

Pada prinsipnya, baik komunikasi tatap muka maupun komunikasi non tatap muka yang difasilitasi lewat internet adalah bagaimana bisa membuat pesan yang disampaikan secara online dapat diterima oleh komunikan dengan baik sama seperti proses komunikasi dan pembelajaran yang dilangsungkan secara tatap muka. 

Menyadari akan hal tersebut di atas,  maka kami dari staf pengajar Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sara Informatika Jakarta  memberikan pelatihan komunikasi di era new normal untuk para remaja Yayasan Panti Asuhan Al Mabrur.

Pelatihan komunikasi dalam kehidupan sosial baik sesama dengan teman-teman di Yayasan, dengan para orang tua pembina di yayasan maupun dengan guru di sekolah sangat dibutuhkan oleh  para remaja di yayasan ini. Terutama dalam era komunikasi yang banyak menggunakan komunikasi non tatap muka seperti sekarang ini.

Pelatihan komunikasi di era new normal untuk para remaja Yayasan Panti Asuhan Al Mabrur tersebut digelar pada hari Sabtu, 19 Desember 2020 lalu. Pada kesempatan itu, dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa UBSI memberikan materi berupa seluk-beluk komunikasi di era new normal baik komunikasi langsung maupun tak langsung termasuk public sepaking.

Acara yang diikuti oleh remaja Yayasan Panti Asuhan Al Mabrur yang berlokasi di Kampung Penggilingan Tengah RT.001  RW 05, Kelurahan Kebalen, Kec Babelan Bekasi, Jawa Barat tersebut berlangsung sukses dan tanpa kendala. Apalagi ke-14 peserta dari remaja Yayasan Panti Asuhan Al Mabrur nampak sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan dan tak segan mengajukan beberapa pertanyaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.