Rapat UPA Prodi Penyiaran: Evaluasi Perkuliahan Daring Serta Persiapan Pembelajaran Semester Genap 2021/2022

1 39

Jakarta Bsi-News

Rapat unit pengembang akademik prodi penyiaran yang dilaksanakan pada hari senin pada tanggal 21 desember 2020  dengan pembahasan evaluasi perkuliahan daring pada semester ganjil 2020/2021 dan persiapan pembelajaran semester genap 2021/2022 Rapat ini dilakasanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom yang dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai. Jalannya rapat ini dibuka dengan pemaparan A.Munanjar S.I.Kom, MM selaku kaprodi penyiaran yang membahas evaluasi pembelajaran mahasiswa secara daring pada semester ganjil, adapun temuan permasalahan yang ditemui adalah kurang aktifnya proses belajar mengajar secara daring dengan dosen, keterbatasan gerak bagi mahasiswa dalam pengerjaan/produksi tugas, komunikasi dengan dosen dalam proses pembelajaran atau pun bimbingan tugas melalui online masih dirasa kurang maksimal, dan kurangnya materi/bahan ajar pendukung kompetensi mahasiswa seperti workshop.

Dalam pembahasan tersebut tim UPA penyiaran memberikan masukan dari temuan masalah yang ada dengan memotivasi mahasiswa untuk semakin kreatif dalam pengerjaan tugas di tengah keterbatas. Pada kesempatan evaluasi Tim UPA menyampaikan perkembangan mahasiswa dalam pengerjaan tugas praktek yang dilakukan oleh para mahasiswa semester 3 dalam pembuatan film pendek tugas terpadu, dalam penyampaiannya beberapa mahasiswa tidak aktif dalam proses bimbingan namun ada beberapa mahasiswa tetap semangat dan melakukan bimbingan dan melakukan proses produksi film pendeknya. Tak hanya semester 3 untuk proses perkuliahan dan produksi program TV pada mahasiswa semester 5 dirasa cukup baik dikarenakan mahasiswa tetap mengikuti proses bimbingan dan sharing mengenai tugas Simulasi Program TV dan melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai mahasiswa.

Selain pembahasan mengenai evaluasi pembelajaran, dalam rapat evaluasi ini juga membahas mengenai persiapan pembelajaran semester genap 2021/2022. Kaprodi dan Tim UPA, menyesuaikan kondisi pembelajaran yang nantinya akan dilaksanakan secara Offline dan Online pada semester genap khususnya semester 2 dan semester 4. Di setiap semester jika ada 8 matakuliah akan di bagi menjadi dua bagian pelaksanaan matakuliah Offline khusus pada mata kuliah yang sifatnya praktek produksi dan pembelajaran Online akan diperuntukan pada matakuliah yang sifatnya teori dan analisis.  Contohnya pada semester 2 pada matakuliah Bahasa Inggris Dasar, Etika Profesi Penyiaran, Perencanaan Program TV dan Radio akan dilaksanakan pembelajaran secara online dan matakuliah Offline pada semester 2 yaitu Teknik Kamera dan Tata Cahaya, Produksi Radio Non Berita, Manajemen Produksi dan Penyutradaraan 1 (Multicam). Sedangkan pada semester 4 pada matakuliah yang akan dilaksanakan secara online yaitu Sosiologi Komunikasi, English For Broadcasting 2, Produksi Radio Berita dan Character Building lalu pada mata kuliah yang akan dilaksanakan secara Offline yang sifatnya praktek matakuliah Animasi 2D & 3D, Produksi Televisi (berita), Dokumenter TV dan Jurnalistik TV. Diharapkan dengan adanya pembelajaran Offline dan Online agar mahasiswa tetap semangat mengikuti perkuliahan dan mendapatkan ilmu yang lebih baik lagi. (VSS)

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Rapat UPA Prodi Penyiaran: Evaluasi Perkuliahan Daring Serta Persiapan Pembelajaran Semester Genap 2… […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.