Webinar Public Speaking Untuk Memupuk Rasa Percaya Diri Bicara Dimuka Umum

0 262

Jakarta Bsi-News

Dalam rangka memupuk dan membangun rasa percaya diri untuk berbicara dimuka umum, bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi khususnya dalam hal capaian lulusan yang dibentuk untuk menjadi public relation professional, reporter, dan news anchor. Profesi-profesi pada bidang ilmu komunikasi pada hakikatnya sangat membutuhkan kemampuan yang baik dalam pengusaan komunikasi dimuka umum. Oleh sebab itu Program Studi Ilmu Komunikasi, melaksanakan webinar public speaking dengan tema “Menjadi Penyiar dan Reporter TV yang Profesional di Era Digital” dengan narasumber Joy Astro News Director & News Anchor SCTV. Banyaknya jumlah peserta yang berasal dari mahasiswa semester 3 (Tiga) Prodi Ilmu Komunikasi, membuat panitia membagi kegiatan kedalam dua sesi, 21 Desember 2020

Sesi pertama, berlangsung mulai pukul 10.00 Wib dipandu oleh moderator Irwanto, S.Sos, M.IKom dilanjutkan dengan sesi kedua, jam 13.00 Wib dengan moderator Geofakta Razali, S.IKom, M.IKom. Kedua moderator berlatarbelakang akademisi sekaligus praktisi komunikasi yang juga mengabdikan dirinya untuk menjadi pengajar pada Prodi Ilmu Komunikasi Univeristas BSI. Webinar berlangsung secara mengalir, narasumber memberikan izin untuk moderator dan peserta memberikan pertanyaan pada saat narasumber menjelaskan materi presentasi. Pada webinar ini, antusiasme peserta dalam mengajukan pertanyaan terkait dengan langkah, proses, dan tips untuk menjadi penyiar dan reporter professional sangat tinggi. Dengan cerdas, narasumber memberikan pengetahuan yang diperoleh dari pengalamannya sebagai seorang reporter dan news anchor kepada seluruh peserta webinar. Narasumber berpesan “Untuk menjadi seorang reporter dan news anchor professional, diperlukan waktu, tidak ada yang instan dan yang penting jangan takut gagal ataupun salah. Karena dari kesalahan dan kegagalan yang kita alami maka kita sebagai manusia akan melakukan evaluasi dan koreksi diri untuk terus menjadi yang lebih baik.” pungkasnya pada disela sesi tanya jawab dengan peserta.

Di akhir webinar, narasumber berharap agar mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bina Sarana Informatika mampu bersaing dan terus meningkatkan kemampuan diri untuk memiliki kepercayaan dan keberanian berbicara dimuka umum. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kemampuan berbicara dimuka umum tidak hanya harus dimiliki oleh mahasiswa dan lulusan program studi ilmu komunikasi. Namun, lebih dari itu semua individu memang wajib mempelajari dan menguasai kemampuan berbicara didepan umum. Karena. manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang tidak bias terlepas dari kegiatan komunikasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.