PENGELOLAAN JURNAL PUBLIC RELATIONS (J-PR) BERBASIS SISTEM OJS 3

0 54

Jakarta Bsi-News

Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan Workshop pengelolaan Jurnal Public Relations Berbasis OJS 3. Kegiatan workshop ini bukan hanya dihadiri oleh Tim Unit Pengembangan Program Studi Hubungan Masyarakat, namun juga di hadiri oleh beberapa dosen dari program studi lainnya. Adapun tujuan penyelenggaraan workshop ini khusus di lakukan bagi tim redaksi dan pengelola jurnal baru yang ada di Universitas Bina Sarana Informatika, dan salah satunya adalah Jurnal Public Relations (J-PR)., Jakarta, 29 Desember 2020.

Workshop ini dibuka dengan sambutan Kepala Program Studi Hubungan Masyarakat, Ita Suryani, S.Sos, M.I.Kom, dalam sambutannya Ita menyampaikan “workshop pengelolaan jurnal ini penting untuk dilakukan, karena bisa menjadi pembelajaran pengelolaan jurnal yang baik untuk  tim redaksi Jurnal Public Relations, dan juga pengelola jurnal dari prodi lain di lingkungan Universitas Bina Sarana Informatika”. Sambutan kedua dilanjutkan oleh Taufik Baidawi, M.Kom selaku ketua LPPM Universitas Bina Sarana Informatika, dalam sambutannya Taufik mengatakan “saat ini ada 23 Jurnal baru yang pengelolaanya ada ditangan prodi dan beberapa masih dalam tahap akreditasi dan mendapatkan ISSN dan 20 jurnal yang pengelolaanya dibawah LPPM sudah terakditasi Sinta.”

Workshop pengelolaan jurnal di pandu oleh moderator Asriyani Sagiyanto, M.I.Kom dengan narasumber Agus Junaidi, M.Kom. Dalam workshop ini narasumber tidak hanya menjelaskan secara teoritis namun langsung mendemonstasikan bagaimana pengelolaan Jurnal yang berbasis sistem OJS 3. Agus Junaidi mengatakan bahwa “salah satu bahasan yang penting diketahui, jika kita menjadi seorang editor jurnal berkewajiban untuk, 1) menerima naskah dari penulis; 2) menyerahkan naskah ke editor yang lainnya; 3) melakukan review berdasarkan format artikel/ template; 4) menyerahkan naskah kepada reviewer; 5) menerima naskah dari reviwer; 6) menentukan naskah diterima atau ditolak; 7) editing naskah; 8) membuat issue; 9) menerbitkan atau publikasi artikel”.

Kegiatan workshop diikuti oleh 33 peserta, dan walaupun dilaksanakan dalam masa pandemic covid-19 tidak menyurutkan semangat dan antusiasme peserta untuk bertanya. Diharapkan dengan adanya workshop ini, redaktur maupun author jurnal dapat memperoleh gambaran mengenai tata cara submit di OJS 3. (AYY)

Leave A Reply

Your email address will not be published.