PRODI MANAJEMEN FEB UBSI SUKSES GELAR WORKSHOP PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN

1 23

JAKARTA BSI News.

Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Bina Sarana Informatika (FEB UBSI) baru-baru ini menggelar kegiatan workshop pembuatan video pembelajaran bagi dosen-dosen yang bertemakan “Menumbuhkan Ide Kreatif Melalui Video Pembelajaran” secara daring via Zoom, Selasa (9/2).

Kegiatan ini diikuti oleh 34 dosen dari prodi Manajemen dan menghadirkan pembicara atau narasumber Adi Supriyatna selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas Bina Sarana Informatika.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ida Zuniarti selaku Kaprodi Manajemen. Dalam sambutannya Ida menyatakan bahwa kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi berdampak sangat besar dalam dunia pendidikan, sebagai insan pendidik yaitu Dosen dituntut untuk memanfaatkan kemajuan tekonlogi dalam pendidikan untuk bisa memperkaya metode dan teknik pembelajaran, terlebih dengan adanya pandemi covid 19 memberikan dampak tidak hanya pada aspek kesehatan , ekonomi tetapi  berdampak pada  pada semua aspek kehidupan termasuk  bidang pendidikan, untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19, maka salah satu kebijakan yang diambil oleh UBSI adalah melakukan kegiatan belajar mengajar secara online/daring. Untuk mendukung terlaksanakanya proses belajar seorang Dosen harus mampu berkreasi dengan menggunakan IT, salah satunya dengan membuat video pembelajaran, yang memungkinkan peserta didik (mahasiswa) dapat mencemarti materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para dosen khususnya dosen  Prodi Manajemen FEB UBSI dapat menuangkan ide-ide kreatifnya dalam video pembelajaran tersebut.

Adi Supriyatna sebagai narasumber menyampaikan bahwa kebutuhan akan adanya video pembelajaran sebagai sesuatu kebutuhan pada saat ini dan para dosen juga akan terbantu dalam menjelaskan tentang materi perkuliahan.

“Tujuan dari pembuatan video pembelajaran ini tidak lain membantu dosen dalam menyampaikan materi perkulian secara daring, juga membuat mahasiswa agar lebih memahami materi yang disampaikan dosen, “ ungkap Adi.

Menurutnya, untuk membuat video pembelajaran yang baik dibutuhkan perangkat aplikasi software pendukung serta teknik keahlian dalam menuangkan ide.

“Bapak Ibu dapat menggunakan beberapa jenis aplikasi seperti camtasia, video editor, filmora, power point dan sebagainya, juga ditambah dengan sedikit keahlian Bapak Ibu untuk berkreasi menuangkan ide kreatif dalam pembuatan videonya, “ujarnya lagi.

Tak lupa, Adi Supriyatna juga mempraktikkan secara langsung pembuatan video pembelajaran. Peserta workshop sangat antusias mengikuti setiap penjelasan dan pertanyaan-pertanyaan pun bermunculan pada sesi  tanya jawab.

Eigis Pamularso salah seorang dosen menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya, dirinya kini paham tentang cara pembuatan video pembelajaran yang menarik

“Senang sekali dapat ilmu yang bermanfaat dan ini penting khususnya buat saya dalam mengaplikasikan model video pembelajaran yang lebih menarik lagi.

1 Comment
  1. […] Baca Juga: PRODI MANAJEMEN FEB UBSI SUKSES GELAR WORKSHOP PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.