Diesnatalies HUT BSI ke 33th “Sambut Hari Baru”

1 195

JAKARTA BSI News.

Hallo sobat news, kabar gembira datang dari kampus tercinta Universitas Bina Sarana Informatika yang saat ini berulang tahun ke-33th 3 Maret 1988 – 3 Maret 2021. Yup seiring berkembangnya dunia pendidikan dan teknologi BSI terus menghasilkan SDM milenial yang unggul,kreatif dan inovatif dalam bidangnya.

Memperingati Hut ke 33 tahun Bina Sarana Informatika (BSI), rasa syukur selalu tercurah kepada Tuhan yang maha Esa atas pencapaian dan kesuksesan BSI selama kurun waktu 33 tahun ini. Dalam acara syukuran ini, menghadirkan Pendiri yayasan bina sarana informatika Herman P Harsoyo beserta jajarannya, Rektorat Universitas BSI beserta jajarannya dan kepala bagian BSI serta kepala program studi seluruh BSI beserta staf staf universitas BSI. Ada yang baru dalam acara syukuran ini, sebelum acara dimulai semua peserta dan panitia melakukan rapid test serta melakukan protokal kesehatan dengan 5 M.

Dalam kesempatan ini Rektor Universitas Binas Sarana Infromatika Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd menyampaikan pencapaian serta keberhasilan BSI selama 33 tahun terakhir ini. “Puji syukur kehadirat Allah, SWT atas nikmat dan karunia serta ijin perkenannya, sehingga selama kurun waktu 33 tahun, Bina Sarana Infomatika (BSI) tetap eksis dalam turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. BSI lahir pada tanggal tepatnya pada 3 Maret 1988 digedung pertamanya di depok” namun beriring jalannya waktu BSI tumbuh besar dan maju dalam dunia pendidikan.

Pada kesempatan yang membahagiakan ini, izinkan saya menyampaikan laporan perkembangan dan capaian yang telah dilakukan Universitas BSI antara lain :

  1. Gedung Rektorat Universitas BSI terletak di Jl. Kramat Raya No. 98 Senen, Jakarta Pusat dan saat ini Universitas BSI memiliki tiga fakultas, yaitu: Fakultas Teknik dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Komunikasi dan Bahasa serta total memiliki 42 program studi dengan variasi jenjang pendidikan Program Sarjana (S1) sebanyak 10 dan Program Diploma Tiga (D3) sebanyak 12. Universitas BSI memiliki 30 lokasi kampus yang berada di 13 kota/kabupaten, yaitu : di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Banyumas (Purwokerto), Yogyakarta, Surakarta (Solo) dan Pontianak. Universitas BSI mengelola 27.978 mahasiswa aktif.
  2. Universitas BSI masuk 100 besar perguruan tinggi top versi Science and Technology Index (SINTA) Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia berdasarkan data pada laman https://sinta.ristekbrin.go.id. Universitas BSI menempati menempati peringkat ke-56 dari dari 5.102 afiliasi dalam tiga tahun peringkat secara nasional yang didalamnya termasuk seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di Indonesia.
  3. Universitas BSI masuk dalam 50 perguruan tinggi terbaik di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 yang secara keseluruhan Universitas BSI menempati peringkat 212 dari 2.136 perguruan tinggi akademik yang di dalamnya terdapat ribuan sekolah tinggi, institut dan universitas baik negeri maupun swasta di Indonesia. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang cukup baik bagi sebuah universitas yang tergolong masih sangat muda.
  4. Berdasarkan hasil evaluasi kinerja penelitian saat ini yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Universitas BSI telah masuk dalam Klaster Penelitian Madya. Penilaian Klaster Penelitian Madya ini tidak lepas dari performansi tenaga pendidik dan mahasiswa dalam bidang penelitian. Karena itu, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras para dosen dalam bidang penelitian ini.
  5. Berdasarkan hasil evaluasi kinerja pengabdian masyarakat saat ini yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Universitas BSI telah masuk dalam Klaster Pengabdian Masyarakat Memuaskan (Satisfactory). Penilaian Klaster Pengabdian Masyarakat Memuaskan (Satisfactory) ini juga tidak lepas dari performansi para tenaga pendidik dan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat. Universitas BSI pada tanggal 26 Nopember 2020 mendapatkan penghargaan sebagai perguruan tinggi dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat Terproduktif di Tahun 2020 dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III.
  6. Berdasarakan Klaster Kinerja Kemahasiswan Non Perguruan Tinggi Vokasi, alhamdulillah Universitas BSI pada tahun 2020 menempati posisi 247 dari 2.288 perguruan tinggi akademik (Non Perguruan Tinggi Vokasi) dalam Sistem Informasi Manajemen Peringkat Mahasiswa (SIMKATMAWA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
  7. Peringkat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tingi (BAN-PT) untuk Universitas BSI mendapatkan Peringkat B, sedangkan untuk akreditasi program studi : Peringkat A/Unggul sebanyak 2 (4,76%) program studi, Peringkat B/Baik Sekali sebanyak 26 (61,90%) program studi, Peringkat C/Baik sebanyak 12 (28,57%) program studi dan belum terakreditasi karena merupakan program studi baru atau akreditasi minimal 3 (7,14%) program studi.
  8. Pada Tahun 2019 yang lalu, Universitas BSI memenangkan Hibah Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS) Tahun 2019 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
  9. Universitas BSI memenangkan Hibah Program Bantuan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi pada Tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. Dalam rangka mempublikasikan luaran hasil penelitian dan luaran pengabdian masyarakat para dosen dan mahasiswa, Universitas BSI memiliki sebanyak 44 jurnal ilmiah dan 4 jurnal pengabdian masyarakat yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI yang dapat diakses oleh seluruh civitas akademik Universitas BSI maupuan masyarakat umum.
  11. Universitas BSI memiliki 1.111 dosen dan berbagai kualifikasi telah dimiliki oleh dosen di Universitas BSI, seperti : jabatan fungsional sebanyak 746 (67,15%), sertifikat pendidik sebanyak 405 (36,45%), sertifikasi kompetensi dengan berbagai keahlian dari Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP) sebanyak 451 (40,60%) dan sertifikasi sebagai asesor kompetensi dari Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP) sebanyak 146 (13,14%).
  12. Saat ini tercatat sebanyak 596 (53,65%) dosen yang memiliki hak cipta yang dikeluarkan oleh Kementeian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan 217 (19,53%) dosen telah menerbitkan buku dengan berbagai judul.
  13. Dalam rangka peningkatan mutu tenaga pendidik, saat ini tercatat lebih dari 40 orang dosen di Universitas BSI sedang melanjutkan studi ke Program Doktor (S3) dengan beasiswa dari pemerintah, LPDP, Yayasan BSI, dll pada berbagai bidang ilmu diberbagai universitas ternama di Indonesia, seperti : Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, IPB, Unversitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti, dll.
  14. Pada tahun akademik 2020/2021, Universitas BSI mendapatkan beasiswa yang diberikan kepada para mahasiswa di Univesritas BSI yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu : beasiswa Bidikmisi sebanyak 72 orang, beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 251 orang, beasiswa bantuan UKT sebanyak 2.383 orang, beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kota Bekasi sebanyak 18 orang, beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang (Beasiswa Karawang Cerdas) sebanyak 19 orang dan beasiswa Baznas sebanyak 264 orang.

KULIAH…? BSI AJA !!

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Diesnatalies HUT BSI ke 33th “Sambut Hari Baru” […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.