Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Museum Secara Digital Dengan Konten Kreatif dimasa Pandemi

1 153

JAKARTA BSI NEWS.

13 Maret 2021, Kewajiban sebagai dosen tidak hanya mengajar tetapi juga menjalankan dan melaksanakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah Pengabdian Masyarakat dengan tujuan tidak hanya sebagai kewajiban akan tetapi juga memberikan kontribusi kepada masyarakat yaitu dengan cara memberikan informasi dan edukasi dalam berbagai bidang ilmu.

Kegiatan tersebut dapat berupa pelatihan, penyuluhan, sosialisasi, workshop, ataupun kerja social serta kegiatan sosial lainnya dengan menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan dari mayarakat atau mitra kerjasama dalam pengadaan Pengabdian Masyarakat   

Demikian pula dengan dosen-dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatikan, program studi Penyiaran  mengadakan Pengabdian Mayarakat. Sebagai ketua pelaksana adalah Susilowati S.Sos.,M.M dengan melibatkan beberapa dosen, diantaranya adalah Ichsan Widi Utomo,S.I.Kom.,M.M. sebagai tutor dan Azwar Munanjar,S.I.Kom.,M.M. Nur Iman El Hidayah,S.I.Kom  dengan dibantu oleh 3 orang mahasiswa yaitu  Amel Halallia, Risa Fitri Alifa, Riska Nur Fitriyani dan sebagai mitra pada Pengabdian Masyarakat kali ini, adalah Asosiasi Museum Indonesia (AMI) DKI Jakarta  Paramita Jaya.

Pada kegiatan Pengabdian Masyarakatini dimulai pada pada pukul 08.30 WIB dan dilaksanakan dengan menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi pada masa era Pandemi Covid – 19, sehingga dalam penyelenggaraanya mengggunakan system online atau menggunakan zoom conference, sesuai dengan instruksi Pemerintah agar melaksanakan physical distancing Physical distancing atau pembatasan fisik adalah salah satu langkah yang disarankan untuk mencegah penyebaran virus Corona. 

 Pada pelaksanaannya pengabdian masyarakat kali ini mencoba untuk memberikan tambahan ilmu, yaitu  memberikan sebuah pembelajaran akan   pemanfaatan media sosial sebagai bentuk promosi museum secara digital dengan konten kreatif pada masa Covid -19  kepada 10 anggota AMI DKI JAKARTA Paramita Jaya.   

Hadir pada kegiatan ini adalah Bapak Yiyok T Herlambang sebagai Ketua AMI DKI Jakarta Paramita Jaya, bapak Firman Haris sebagai Wakil Ketua AMI DKI Jakarta Paramita Jaya dan juga Ibu Mis Ari, yaitu Sekretaris AMI DKI Jakarta Paramita Jaya. Pada sambutannya, Bapak Yiyok menyatakan dengan adanya pandemi saat ini semua kegiaatan menjadi terhenti, maka segala kreatifitas dan inovasi insan permuseuman itu harus dapat dikembangkan, dan tidak akan putus begitu saja, agar masyarakat tetap dapat menikmati museum dengan menggunakan  kunjungan virtual. 

Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini AMI menghimbau dan meminta melalui Universitas Bina Sarana Informatika untuk dapat menggaungkan bahwa museum menjadi salah satu prioritas utama untuk mahasiswa dan dosen, dan merubah mindset bahwa tidak hanya sebagai tempat yang menyenangkan tetapi juga museum adalah tempat edukasi dan menimba ilmu. Dan pada akhir sambutannya, mengharapkan agar kedepannya  hubungan antara AMI Jakarta dengan Universitas Bina Sarana Informatika dapat berjalan dengan baik dan terus ber kembang.

 Pada pemaparan materinya, bapak Ichsan Widi Utomo, S.I.Kom.,M.M. menjelaskan mengenai konten-konten yang menarik dan inovasi pada media digital yang dapat digunakan sebagai media promosi, sehingga diharapkan dengan adanya pemaparan ini anggota dari AsosiasiMuseum Indonesia (AMI)  DKI Jakarta Paramita Jaya untuk dapat memanfaatkan media digital   sebagai mesia promosi  guna  mempromosikan museum dan pelayanannya.

Mengingan bahwa museum sebagai unit layanan masyarakat non profit dan juga sebagai mitra sasaran masyarakat yang tidak produktif tentunya membutuhkan berbagai macam cara untuk selalu berusaha  meningkatkan kembali pengunjung Museum di DKI Jakarta Pada akhir acara Susilowati, S.Sos., MM, menyatakan bahwa sependapat dengan keinginan serta harapan bapak Yiyok, agar kedepannya kegiatan Pengabdian Masyarakat dapat berlangsung secara berkesinambungan. Dan Kegiatan PM ditutup dengan sesi dokumentasi bersama panitia dan seluruh peserta dari kegiatan tersebut. (SSI)

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Museum Secara Digital Dengan Konten K… […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.