Video Company Profile Penunjang Informasi dan Promosi AMI di Masa Pandemi Covid-19

0 32

Jakarta, 13 Maret 2021- Pengabdian kepada masyarakat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa setiap Perguruan Tinggi wajib melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Program pengabdian pada masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Bina Sarana Informatika merupakan salah satu bentuk pelatihan dan pengembangan teknologi kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian civitas akademika terhadap kemajuan pendidikan.

Adalah Asosiasi Museum Indonesia-AMI yang merupakan organisasi penaung dan mitra pemerintah satu-satunya yang bergerak dalam bidang museum serta kebudayaan. Museum sebagai penyimpan memori kultural bangsa hingga kini terus memberikan kontribusinya dalam mengabdikan diri dan berperan lebih kuat lagi guna menggaungkan jiwa yang berkarakter dan berbudi pekerti nusantara. Hanya saja di masa pandemik covid-19 ini minat pengunjung museum menjadi menurun dan bahkan beberapa museum sempat ditutup sementara untuk menanggulangi penyebaran covid-19 serta pematuhan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) atau KLB (Kejadian Luar Biasa) dari pemerintah.

Untuk mengupayakan adanya peningkatan minat pengunjung museum terutama pada saat kondisi pandemi covid-19 saat ini maka kami selaku dosen dari Fakultas Komunikasi dan Bahasa Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan pelatihan pembuatan video company profile sebagai penunjang informasi dan promosi pada Asosiasi Museum Indonesia Indonesia (AMI) DKI Jakarta Paramita Jaya yang beralamat di JL. Lapangan Stasiun No.1, Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini diadakan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Hal ini dikarenakan saat ini masih dalam masa pandemik Covid-19 dan diwajibkan untuk saling menjaga jarak antara satu individu dengan individu lainnya guna memutus tali rantai covid-19. Meskipun kegiatan dilakukan dengan cara online, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadikannya lebih baik dalam hal menyampaikan materi dan memberikan beberapa sharing mengenai pembuatan video company profile yang kekinian teapi masih mengandung unsur kebudayaan yang kental.

Pengabdian masyarakat yang berupa pelatihan pembuatan video company profile sebagai penunjang informasi dan promosi pada Asosiasi Museum Indonesia (AMI) di masa pandemi covid-19 bagi seluruh elemen yang berada di bidang publikasi AMI melibatkan pula dosen dan mahasiswa Prodi Humas Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini diketuai oleh Dr. Fifit Fitriansyah, S.Sos.I., M.Pd dan sebagai anggota ialah Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si, Christopher Yudha Erlangga, S.I.Kom, MM, Amalillah, M.I.Kom serta 3 orang mahasiswa yakni Dewi Sartika, Nanda Eliana dan Ibnu Fikri Ramadan.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Dr. Fifit Fitriansyah, S.Sos.I., M.Pd selaku ketua PM dan juga Bpk Yiyok T. Herlambang selaku Ketua AMI DKI Jakarta Paramita Jaya. Dr. Fifit Fitriansyah, S.Sos.I., M.Pd menyampaikan bahwa “dengan adanya perkembangan yang pesat dibidang digitalisasi maka kini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dalam mengakses internet dan mencari segala sesuatu yang hendak diketahui hanya dengan segenggam perangkat maju yang namanya gadget, maka dengan adanya video company profile diharapkan dapat lebih memaksimalkan penyebaran informasi dan edukasi bahkan promosi bagi pihak AMI”

Sedangkan dari pihak AMI yang diwakili oleh Bpk Yiyok T. Herlambang menyampaikan bahwa “kini AMI sudah menjajaki masa digitalisasi dan adanya program jalan-jalan virtual ke museum sudah seharusnya digalakkan sejak dini serta pembuatan company profile berupa video juga dirasa sangat penting dan cocok pada masa pandemic covid-19”.

Sebagai penutup pada acara pengabdian masyarakat kali ini kami selaku panitia sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kemajuan dan upaya dari Asosiasi Museum Indonesia (AMI) sehingga kedepannya kami berharap dapat bekerjasama kembali dengan pihak AMI dalam pengabdian masyarakat selanjutnya. Diakhir acara ditutup dengan sesi capture foto bersama panitia dan seluruh peserta PM. (dpk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.