Pelatihan Mendengar dan Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan Pertanyaan Panduan pada Remaja Karang Taruna Rw 04 Komp. Pepabri Kunciran

0 298

TANGERANG BSI NEWS.

Kegiatan pengabdian masyarakat  (PM) ini dilaksanakan oleh para dosen dari Universitas Bina Sarana Informatika, program study bahasa Inggris. Kegiatan ini diberikan dalam bentuk  pelatihan bahasa Inggris untuk remaja  Karang Taruna  RW 04 yang berlokasi di  Posyandu Asri Komp. PEPABRI,  Kel. Kunciran Kec. Pinang Kota Tangerang.

Kami bekerjasama dengan ketua RW dalam menentukan materi apa yang diperlukan dalam kegiatan PM ini. Pelatihan mendengar (listening) dan berbicara (speaking) bahasa Inggris dipilih dengan melihat kondisi bahwa pemberian materi listening and speaking masih kurang intensif sehingga dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mendengar (listening) and (speaking) para remaja karang taruna RW 04 Komp. PEPABRI Kunciran Tangerang juga dapat minat atau ketertarikan peserta pelatihan untuk dapat terus meningkat kemampuan dalam bahasa Inggris secara keseluruhan yang berguna sebagai salah satu keahlian yang dibutukan dalam pekerjaan. Pelatihan ini dilaksanakan secara offline dengan mematuhi  protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun/handsanitizer dan menjaga jarak.

Pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2021 untuk remaja Karang Taruna  RW 04 yang berlokasi di  Posyandu Asri Komp. PEPABRI,  Kel. Kunciran Kec. Pinang Kota Tangerang. Materi pelatihan yang diberikan adalah mendengar (listening) and berbicara (speaking) bahasa Inggris menggunakan pertnayaan panduan. Peserta kegiatan tersebut sangat semangat, antusias dan interaktif untuk mengikuti pelatihan ini sampai dengan selesai.

Peserta pelatihan ini berjumlah kurang lebih sebanyak 20 peserta dan dibimbing oleh tim tutor dari Fakultas Komunikasi dan Bahasa Inggris terdiri dari 4 orang dosen (Ibu Nurhayati S, Ibu Dina Purnamasari, Ibu Fitriyeni, Bapak Hardani) dan 5 orang mahasiswa (Elisa Nur Agustin, Antasifa Muhairoh , Nadila Nurul Izzah, Rizka Nur Amalia, Fauzan Aulia Amin).

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB, yang diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua RW 04 Komp. PEPABRI selaku  salah satu pembina remaja karang taruna tersebut kemudian dilanjutkan  dengan acara inti yaitu pelatihan mendengar (listening) dengan pemberian soal  listening dan penjelasannya. Setelah itu, pelatihan berbicara (speaking diberikan) dalam bentuk menceritakan kembali cerita yang terdapat pada soal listening tersebut kepada seluruh peserta.

Quiz dan pemberian kuesioner diberikan setelah pelatihan selesai. Lalu didtutup oleh doa dari panitia dan  dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker. Materi pelatihan yang diberikan kepada peserta sangat bermanfaat dimana pelatihan ini memberikan pengetahuan tentang bagaimana bisa meningkatkan kemampuan listening dan speaking dengan metode yang terapkan dalam pelatihan dan dapat memotivasi mereka untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka khususnya dalam berbicara bahasa Inggris.

Leave A Reply

Your email address will not be published.