Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana Dengan Aplikasi Canva Di Yayasan Desa Hijau

0 392

Dosen dan Mahasiswa dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi di Yayasan Desa Hijau yang beralamat di Jl. Masjid At-Tauhid Jl. H. Kuming 2 No.123, RT.4/RW.12, Kedaung, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten pada hari Sabtu tanggal 27 Maret 2021 pada pukul 10.00- 12.30 melalui zoom oleh panitia, sedangkan peserta melalui youtube dengan lokasi sekretariat Yayasan Desa Hijau.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan latar belakang adanya masalah kurang tersebarnya informasi (promosi) keberadaan Yayasan Desa Hijau. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan pengurus dan relawan yayasan dalam membuat desain dan menghemat pengeluaran membayar jasa desain banner atau media promosi untuk setiap kegiatan. Manfaat kegiatan ini diharapkan sebagai salah satu media promosi dalam membantu menyebarkan informasi terkait kegiatan yang dilakukan Yayasan Desa Hijau.

Materi yang disampaikan pada pengabdian masyarakat ini mengenai “pelatihan membuat media promosi sederhana dengan aplikasi canva”. Untuk diketahui bahwa dalam bisnis, promosi adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk menginformasikan serta mempengaruhi target konsumen untuk akhirnya membeli produk. Berkaitan dengan promosi tersebut tentunya membutuhkan media promosi sebagai cara dalam menyampaikan, menyebarkan, dan menawarkan barang atau jasa yang dihasilkan sehingga nantinya terjadi transaksi. Dalam pelatihan ini salah satu media promosi yang dipilih adalah aplikasi media canva.

Dalam paparan ini disampaikan pengenalan tentang langkah-langkah penggunaan aplikasi canva. Langkah langkah tersebut meliputi membuat akun canva, memilih apa yang akan akukan dengan account canva sesuai dengan kebutuhan, membuat mendesain, memilih background, mengedit background, menambah teks, dan mengunduh atau membagikan desain. Untuk diketahui bahwa canva adalah aplikasi desain grafis menjembatani penggunanya untuk dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi.

Pengabdian masyarakat ini  diketuai oleh  Ety Nurhayaty, S.E., M.M. dan sebagai tutornya adalah Isnurrini Hidayat Susilowati, S.E., M.M., dengan anggota tutor Ratnawaty Marginingsih, S.E., M.M. dan Eigis Yani Pramularso, S.E., M.M., serta perwakilan dari mahasiswa dari Program Studi Manajemen (S1) sejumlah lima orang dengan peserta sejumlah 15 orang dari pengurus dan relawan yayasan Desa Hijau.

Peserta yang yang hadir menyatakan bahwa mereka mendukung kegiatan dan antusias dengan melakukan tanya jawab terkait materi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditutup dengan dilakukan MOU (memorandum of understanding) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dengan pengurus Yayasan Desa Hijau. Diharapkan kedepannya akan dilakukan kembali serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema dan permasalahan yang berbeda, serta disesuaikan dengan kebutuhan mitra yaitu Yayasan Desa Hijau.

Leave A Reply

Your email address will not be published.