PENGENALAN PENTINGNYA WEBSITE BAGI BISNIS DAN KEBERLANGSUNGAN USAHA PADA LEMBAGA KURSUS EASY ENGLISH COURSE (EEC)

0 34

Saat ini, keberlangsungan sebuah bisnis sangat bergantung dengan perkembangan teknologi, baik usaha kecil, menengah maupun perusahaan besar. Oleh karena itu, website memiliki peran penting yang dapat mendukung kegiatan dan peningkatan penjualan perusahaan. Website perusahaan dapat dimanfaatkan sebagai sarana branding dan penjualan.

Jika dilihat dalam lingkup korporasi, website dapat difungsikan untuk memuat company profile dengan jelas agar lebih dikenal masyarakat. Website company profile merupakan sebuah situs yang berisi tentang informasi dari sebuah perusahaan. Dengan adanya website company profile perusahaan yang sedang berjalan dapat memperoleh kepercayaan dan berkembang di tengah gelombang internet.

Dengan latar belakang tersebut kami dosen Universitas Bina Sarana Informatika Program Studi Teknik Elektro mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bagi Lembaga Kursus Easy English Course (EEC) untuk memberikan penyuluhan pentingnya website bagi bisnis dan keberlangsungan usaha.

Sebelum dilakukan penyuluhan tim terlebih dahulu membagi daftar pertanyaan kepada peserta untuk dilakukan penggalian informasi tentang pengetahuan tentang kegunaan website bagi dunia usaha. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pentingnya website bagi bisnis dan keberlangsungan usaha, yang dilakukan melalui metode penyuluhan dan diskusi. Beberapa hal penting yang disampaikan antara lain, mengenai pentingnya website bagi bisnis dan keberlangsungan usaha. Dan juga website sebagai sarana untuk branding bisnis, website sebagai company profile, dan juga dengan website memungkinkan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Setelah pelaksanaan penyuluhan pentingnya website bagi bisnis, peserta mempraktekkan secara bersama cara mempromosikan website.

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2021 dengan tutor Bapak Ir. Andi Rosano, M.T dengan dibantu teman-teman dosen Program Studi Teknik Elektro, Universitas Bina Sarana Informatika dengan waktu penyuluhan kurang lebih selama 1 jam. Metode pelaksanaannya sendiri diadakan secara daring dengan menggunakan Zoom, dikarenakan masih diterapkannya social distancing atau pembatasan sosial. Namun ada perwakilan dari panitia yang datang ke lokasi pelaksanaan, guna membantu secara langsung proses pelatihan.

Setelah kegiatan penyuluhan dilaksanakan, dilakukan evaluasi terhadap peserta untuk mengetahui tingkat keberhasilan penyuluhan. Evaluasi dilakukan untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta tentang kegunaan website bagi dunia usaha. Banyak hal baru yang didapatkan oleh peserta dari kegiatan ini seperti peningkatan pengetahuan tentang website sebagai branding bisnis, website sebagai company profile, website untuk target pasar yang lebih luas, dan juga mengetahui cara mempromosikan website itu sendiri. DLK

Leave A Reply

Your email address will not be published.