PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MICROSOFT POWERPOINT BAGI PENGURUS TPQ DARUL HIKMAH KOTA DEPOK

0 93

BSINEWS. Sabtu, 3 April 2021, Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kembali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Pada kondisi seperti sekarang, pandemi covid-19 hampir seluruh sektor kegiatan mengalami dampaknya begitu juga di sektor pendidikan. Kondisi pandemi yang masih tinggi di Indonesia memaksa pemerintah untuk meniadakan kegiatan belajar secara tatap muka, tak terlepas juga kegiatan belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an di tengah masyarakat memiliki peranan penting dalam membangun moral dan akhlak anak-anak Indonesia, salah satunya TPQ Darul Hikmah yang berada lingkungan Masjid Jami’ Darul Hikmah Kelurahan Pangkalan Jati Kecamatan Cinere Kota Depok. Sebelum pandemi, setiap hari kecuali hari Minggu pada jam 15:30 sampai dengan 17:00 para siswa belajar cara membaca Al-Qu’ran dengan tartil, menulis Al-Qur’an, hafalan surat-surat pendek dan doa harian.

Adanya wabah pandemi covid-19, mengaharuskan para pengajar dan orang tua siswa untuk memanfaatkan Teknologi Informasi semaksimal mungkin guna melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (Daring). Oleh karena itu. adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Microsoft Powerpoint Bagi Pengurus TPQ Darul Hikmah Kota Depok, supaya berikan keterampilan para pengajar TPQ Darul Hikmah dalam membuat video pembelajaran yang menarik dan TPQ Darul Hikmah mempunyai video pembelajaran untuk diberikan para siswa.

Dengan menjaga protokol kesehatan yang tengah digalakkan pemerintah di masa pandemi sekarang ini, pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini tidak sepenuhnya diadakan secara langsung di lokasi, namun sebagian agenda seperti penyampaian materi tetap dilakukan secara virtual melalui virtual meeting (zoom). Tepat pada pukul 09.00 kegiatan dibuka, diawali dengan sambutan oleh Bapak Romelih HA, S. Ag selaku perwakilan Yayasan Darul Hikmah, dirinya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini, sangat memberikan manfaat yang tadinya belum mengetahui menjadi mengetahui, yang tadinya belum bisa akan menjadi bisa. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi tentang Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Microsoft Powerpoint Bagi Pengurus TPQ Darul Hikmah Kota Depok yang disampaikan oleh Ibu Wati Erawati dibantu oleh Dinar Ajeng Kristanti, M.Kom dan             Ahmad Al Kaafi, M.Kom. Peserta pun sangat senang dengan adanya kegiatan pelatihan ini, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan para peserta yang begitu semangat dalam mengikuti pelatihan. Materi ini sangat bagus, dan baru kali ini dapat pelatihan seperti ini yang dapat membantu dalam menyiapakan materi bahan pembelajaran, ujar salah satu peserta.

Diakhir acara Ibu Tati Mardiana, M.Kom selaku Ketua pelaksana pengabdian masyarakat Program Studi Teknlogi Informasi Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika menyatakan “Sangat berterima kasih kepada pihak Yayasan dan panitia yang telah banyak membantu dari persiapan kegiatan sampai selesai kegiatan, sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar dan baik. Besar harapan kegiatan ini dapat terus berlangsung di periode berikutnya dengan tema dan materi lainnya”. (AKF)

Leave A Reply

Your email address will not be published.