Pelatihan Kewirausahaan Dengan Menggunakan Media Sosial Bagi Para Staf dan Santri di Yayasan Raudhah Syarifah

0 219

BSI NEWS. Pada tanggal 17 April 2021 sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian), Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis memberikan pelatihan kewirausahaan bagi para staf dan santri di Yayasan Raudhah Syarifah Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Pengabdian masyarakat ini dipimpin salah seorang dosen Ibu Yessica Mega Aprita dengan Tutor Ibu Yuni Siti Nuraeni, serta anggota yang terdiri dari Ibu Ayu Azizah, Ibu Imelda Sari dan lima mahasiswa yaitu Ratu Dewata, Kumala Kusudhur, Rista Ariana, Nurasiah dan Safira Nuraprilia.

Pelatihan kewirausahaan ini bertujuan untuk memacu para staf dan santri di Yayasan Raudhah Syarifah, agar mau berwirausaha dengan cara yang paling sederhana, yaitu dimulai dari hal terkecil seperti berjualan produk secara online.

“Tema dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah pelatihan kewirausahaan bagi para staf dan santri di Yayasan Raudhah Syarifah. Para dosen dan mahasiswa di fakultas ekonomi dan bisnis berinisiatif untuk memperkenalkan kepada para staf dan santri di Yayasan Raudhah Syarifah mengenai cara untuk berwirausaha dan langkah dalam memulai bisnisnya dengan cara yang paling mudah dimengerti, yaitu dengan menggunakan akun media sosial yang mereka miliki,” tutur ketua pelaksana kegiatan, Ibu Yessica Mega Aprita.

Dikatakan Ibu Yessica, pihaknya tertarik mengambil tema pelatihan kewirausahaan, karena diharapkan dengan adanya pelatihan ini para remaja binaan dapat memanfaatkan akun media sosial yang mereka miliki dengan lebih produktif. Sehingga para remaja di yayasan ini ke depannya memiliki kemandirian secara finansial dan para staf dapat memiliki tambahan penghasilan dari berwirausaha.

Acara dimulai pembukaan oleh Ibu Ayu Azizah yang bertugas sebagai pembawa acara. Kemudian kata sambutan yang diwakili oleh Ibu Yessica dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh tutor Ibu Yuni. Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan yang diberikan langsung oleh Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Ibu Yessica dan diterima langsung oleh perwakilan dari pihak Yayasan.

Dikarenakan masih dalam pandemi covid-19, pelatihan kewirausahaan digelar secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker dan physical distancing serta menggunakan media zoom online.

“Semoga dengan dilaksannya pengabdian masyarakat ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk ilmu pengetahuan, khususnya bagi para staf dan santri di Yayasan Raudhah Syarifah,” harap Yessica.

Untuk memulai wirausaha dari hal terkecil, masih dijelaskan Yessica, para staf dan santri di Yayasan Raudhah Syarifah diajarkan berjualan produk online. Yaitu dari mulai produk yang sudah ada, hingga produk makanan ringan (cemilan) yang mereka buat sendiri dengan branding yang lebih menarik.

“Kemarin kita ajarkan bagaimana caranya memasarkan produk lewat online. Kita beri tahu juga aplikasi yang mudah untuk mengedit gambar di sosial media. Alhamdulillah, mereka antusias,” pungkas Yessica. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.