UBSI Sukses Gelar Penyuluhan UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor

0 72

BSI NEWS. 24 April 2021 Universitas Bina Sarana Informatika menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan pada tanggal 24 April 2021 secara virtual  melalui Zoom Meeting dengan peserta para Komunitas UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor yang beralamat di Bukit Cimanggu City Cluster Bali Y6 No.3, Mekarwangi, Tanah Sereal Kota Bogor. Materi yang disampaikan meliputi pemahaman konsumen dan karakteristik konsumen era baru serta memberikan pengetahuan akan pentingnya memahami konsumen dalam proses penjualan di era pandemi Covid 19 serta mengusung tema “Strategi Memenangkan Hati Konsumen untuk Membeli Produk UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor”.

Kegiatan ini merupakan pertama kali UBSI bekerjasama dengan komunitas UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor. Permasalahan yang dihadapi oleh banyak pelaku UMKM Kota/Kab. Bogor yakni kesulitan untuk bisa memasarkan produk yang mereka hasilkan sehingga ini menjadi titik perhatian yang perlu dicarikan solusinya karena memang tombak dari usaha adalah bagaimana bisa menjual produk kepada konsumen. Pemahaman perubahan era ini perlu diketahui oleh para pelaku UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor untuk bisa beradapatasi dan merubah strategi pemasaran yang digunakan selama ini perlu adanya perbaikan mengingat era saat ini sudah berubah konsumen juga sudah memiliki perilaku yang sedikit bergeser dalam rangka proses keputusan pembelian suatu produk.  Upaya ini diharapkan bisa membantu para UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor untuk bisa menaikan membuat stategi yang baik agar konsumen mau membeli produk yang mereka hasilkan.

Susunan kegiatan pengabdian masyarakat ini, melibatkan dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terdiri dari DR. Dede Suleman, S.E,M.M selaku Ketua Pelaksana, Tutor Dr, Mukti Ali.S.T.M.M, beranggotakan Ida Zuniarti, SE.MM, Imelda Sari, S.IP, M.E, Taat Kuspriyono, S.Sn, M.M. Mahasiswapun terlibat dalam kegiatan ini dari Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Lisa Ratnasari  dan Rezty Nabila.

Pada acara ini dibuka oleh sambutan dari Ketua Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ida Zuniarti, SE. MM, yang menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak UMKM Naik Kelas Kota Bogor atas kesediaannya hadir dalam acara dan berharap ke depannya tercipta jalinan kerjasama lainnya yang bermanfaat dan berkesinambungan bagi mitra UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor. Kemudian sambutan Ketua UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor Arie Darmawan Romli, SE.,  di bawah binaan KADIN yang menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Pengabdian Masyarakat ini yg dilaksanakan oleh para dosen UBSI untuk mendukung pembinaan UMKM Kota/Kab Bogor.

Beranjak ke acara inti menghadirkan tutor dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan narasumber Dr, Mukti Ali.S.T.M.M., beliau memberikan arahan dan advice agar UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor agar tidak hanya bertahan pada saat pandemi COVID 19, akan tetapi percepatan perusahaan tersebut agar mampu beradaptasi dengan mangadopsi cara baru dalam bisnisnya. Selain itu, beliau menekanan agar para marketer dituntut berfikir dan bertindak tepat dan cepat untuk meningkatkan value konsumen bukan hanya sekedar apa yang ditawarkan. UMKM dituntut menciptakan unique selling point yang menjadi keunggulan unik yang tidak dimiliki oleh kompetitor sehingga konsumen memilih produk kita.

Peserta sangat antusias terbukti dengan tanya jawab yang aktif beberapa peserta dari UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor. Di penghujung acara, ada sesi tanya jawab sharing dan diskusi dari peserta UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor dan penutup oleh Ketua Pelaksana DR. Dede Suleman, S.E,M.M, beliau menuturkan bahwa semoga kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh mitra dan berharap ke depannya UMKM Naik Kelas Kota/Kab. Bogor benar-benar menjadi UMKM yang naik kelas ke depannya. (TAT)

Leave A Reply

Your email address will not be published.