Bootcamp Programmer Dosen UBSI dengan PT Javan Cipta Solusi Berjalan Sukses

0 19

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) sukses mengadakan kegiatan Bootcamp Programmer untuk dosen. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat minggu yang dimulai pada tanggal 3 April 2021 dan ditutup pada 24 April 2021.  Kegiatan ini diikuti seluruh perwakilan prodi Sistem Informasi baik kampus utama maupun PSDKU. Diantaranya Sistem Informasi Kampus Kota Pontianak, Sistem Informasi Kampus Kota Yogyakarta, Sistem Informasi Kampus Kota Surakarta, Sistem Informasi Kampus Kabupaten Banyumas, Sistem Informasi Kampus Kota Tegal, Sistem Informasi Kampus Kota Tasikmalaya, Sistem Informasi Kampus Kota Sukabumi, Sistem Informasi Kampus Kota Bogor dan Sistem Informasi Kampus Kabupaten Karawang.

Kegiatan yang terselenggara dalam bentuk tindak lanjut Kerjasama UBSI dengan PT.Javan Cipta Solusi ini mengangkat dua materi utama yaitu Python Programming dan CodeIgniter Framework (CI) 4.0 dan dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting conference. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Dwi Aji Mardiyanto selaku talent manager senior advisor di PT Javan Cipta Solusi dan merupakan founder dari Camp404.com, dan didampingi oleh dua instruktur yakni Avianti Nastiti dan Novi Aditya yang merupakan Chief Content Creator pada Camp404.

Landasan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen-dosen prodi sistem informasi Fakultas Teknik Universitas Bina Sarana Informatika terutama dosen yang terlibat dalam UPA (Unit Pengembang Akademik) dimana hasil dari bootcamp ini diharapkan mendapatkan masukan secara langsung dari para pengembang aplikasi di DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) sehingga menjadi bekal dalam peningkatan kualitas bahan ajar dan kemampuan pengembangan bahan ajar bagi dosen di Prodi Sistem Informasi.

Pada kegiatan bootcamp ini setiap pertemuan akan mendapatkan materi penjelasan terkait python programming dan Codeigniter Framework (CI) 4.0 dan diikuti quiz pada situs camp404.com.

“Untuk menguji kemampuan peserta di akhir sesi diadakan tugas project sebagai hasil evaluasi kemampuan peserta selama mengikuti kegiatan bootcamp ditambah ujian akhir berupa multiple choice sebagai evaluasi teori dan praktek secara daring,” kata Aji.

Pada akhir sesi kegiatan bootcamp yakni 24 April 2021, Perwakilan setiap peserta python programming maupun Codeigniter Framework (CI) 4.0 mempresentasikan hasil pengerjaan project. Adapun beberapa perwakilan yang presentasi diantaranya Syaiful Anwar, Ilham Kurniawan, Ani Oktarini Sari, Ali Mustofa dan Andriansyah.

Salah satu peserta, Ani Oktarini Sari menyampaikan pesan dan kesan terkait kegiatan ini. Menurutnya kegiatan bootcamp404 sangat bermanfaat karena memberikan banyak materi dan pengetahuan baru dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam programmer. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.