Kontribusi dan Peran Mahasiswa UBSI pada DUDI dengan Literasi Informasi

0 107

Pontianak Bsi-News

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (HIMASA) UBSI Pontianak sukses menggelar webinar dengan tema “Kontribusi Mahasiswa Dalam 5 Sektor Usaha dan Industri dengan Literasi Informasi” melalui Zoom, Sabtu, (24/04/2021). Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa pada bidang usaha dan industri yang diperuntukkan bagi masyarakat umum dan seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa prodi Sistem Informasi Akuntansi. Webinar ini diikuti sebanyak 176 peserta.

Kedua pemateri, yakni Adi Supriyatna, M.Kom selaku Ketua Prodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI dan Windi Irmayani, SE, M.Kom selaku dosen Prodi Sistem Informasi Akuntansi Pontianak.

“Kebutuhan skill mahasiswa di era industri 4.0 diantaranya mampu berbicara bahasa asing, kemampuan menulis, public speaking, manajemen diri dan waktu, melek teknologi, memiliki wawasan yang luas dan mampu bekerja sama dengan tim,” ujar Adi.

Ia menambahkan, bahwa mahasiswa memiliki peran dan kontribusi dalam literasi informasi seperti memberikan penyuluhan tentang dasar literasi informasi, membantu memecahkan masalah yang terjadi, mengimplementasikan teknologi saat ini, memberikan penyuluhan tentang pemanfaatan teknologi, menyukseskan program-program yang dilakukan pemerintah dan mendirikan komunitas literasi informasi sehingga akan terasa kebermanfaatan ilmu dan peran diri pada masyarakat.

Sementara pada sesi 2, Windi menyampaikan tentang peran dan kontribusi mahasiswa pada DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) ke arah yang lebih spesifik dan yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan karya ilimiah.

“Pada masa sekarang banyak sekali kegiatan atau lomba yang diperuntukkan bagi mahasiswa pada sektor usaha dan industri. Dengan tujuan munculnya ide-ide baru dari mahasiswa sebagai salah satu penggerak ekonomi dengan adanya kontribusi mereka untuk mengembangkan produksi, distribusi dan transaksi bagi pada dunia usaha dan dunia industri,” tutur Windi.

“Nah apa saja peluang peran dan kontribusi mahasiswa dengan karya ilmiah? Ada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), Program Holistik Pembinaan Pemberdayaan Desa, dan ada juga kompetisi internal yang diadakan oleh masing-masing perguruan tinggi. Ikuti kegiatan tersebut sebagai wujud kontribusi mahasiswa pada DUDI. Sehingga kita ikut menciptakan ide-ide baru yang bermanfaat bagi DUDI,” tambahnya.

Salah satu peserta, Raudatun Nadia mengatakan kegiatan webinar ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan serta kesadaran bagi dirinya mengenai apa saja peran dan kontribusi mahasiswa dalam literasi informasi pada dunia usaha dan industri.

“Dan saya juga baru tahu bahwa mengikuti kegiatan atau lomba karya ilmiah merupakan salah satu bentuk kontribusi kami pada DUDI,”katanya.

Menurut Eri Bayu Pratama, M.Kom selaku Kepala Kampus UBSI Pontianak kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kesadaran mahasiswa akan peran dalam literasi informasi dan kontribusi mereka dalam sektor usaha dan industri dengan literasi informasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.