Universitas BSI Sukabumi Sharing Ilmu Editing Foto dalam Berbagi Sesama Insan

8 75

Sukabumi Bsi-News

Editing foto atau memperbarui sebuah foto menjadi suatu hal yang lumrah di jagat media sosial saat ini. Berbagai tujuan serta motivasi setiap orang memang beragam ketika mengedit sebuah foto. Contohnya edit foto untuk keperluan komersial, seperti di dalam sebuah studio foto, edit foto untuk keperluan sebuah event seperti pernikahan/ wisuda, ataupun edit foto untuk keperluan mempercantik tampilan pada media sosial pribadi, seperti halnya para selebgram.

Banyak cara untuk melakukan editing pada sebuah foto. Untuk keperluan profesional biasanya menggunakan perangkat komputer dengan perangkat lunak berbayar. Akan tetapi saat ini muncul tren edit foto menggunakan perangkat mobile, terutama untuk penggunaan personal. Selain karena dirasa lebih mudah dan praktis, aplikasi edit foto menggunakan perangkat mobile juga tidak kalah dalam segi kehandalannya.

Dalam rangka mengisi kegiatan Ramadhan 1442H, Universitas BSI Kampus Sukabumi menggelar workshop seminar online “Tutorial Edit Foto ala Selebgram”. Workshop ini merupakan kegiatan pertama dalam rangkaian kegiatan webinar berbagi pada bulan Ramadhan kali ini.

Workshop ini dilaksanakan pada hari selasa, 27 April 2021, yang dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan 11.00. Peserta yang hadir dalam workshop ini datang dari berbagai profesi seperti Dosen, Guru, Mahasiswa, Siswa serta peserta dari kalangan umum.

Rangkaian acara workshop ini dibuka oleh moderator Lis Saumi Ramdhani, selaku Dosen Universitas BSI Kampus Sukabumi. Selanjutnya tak lupa Pimpinan Kampus Universitas BSI Sukabumi, Jamal Maulana Hudin juga menyambut para peserta yang telah hadir dalam kegiatan workshop ini.

Materi workshop disampaikan secara interaktif oleh Gunawan, sebagai Content Creator dari Universitas BSI Kampus Sukabumi. Dalam pemaparan materinya kali ini, dijelaskan terlebih dahulu mengenai konsep fotografi secara umum. Lalu semua peserta diajak untuk mengidentifikasi dasar pencahayaan dalam sebuah foto. Apakah foto tersebut terlalu terang atau terlalu gelap? Jika iya, maka edit pencahayaan dibutuhkan dalam foto tersebut.

“Cahaya dalam sebuah foto yang terdiri dari Highlight-Midtones-Shadows, merupakan sebuah elemen dasar yang penting untuk dikoreksi. Jika elemen tersebut dirasa telah ideal, hal berikutnya yang harus disesuaikan yakni pada bagian warna foto tersebut”. Ujar Gunawan.  Pada workshop kali ini software yang digunakan untuk editing warna foto adalah Adobe Lightroom Mobile.

Adobe Lightroom Mobile merupakan aplikasi editing foto mobile yang tersedia untuk pengguna Android dan IoS, serta berfokus pada koreksi warna sebuah foto. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis maupun berbayar untuk versi penuhnya. Lightroom mobile dapat dengan mudah mengoreksi serta mengubah tone warna, sehingga dapat menghadirkan suasana berbeda dari sebuah foto.

Setelah pemaparan materi workshop, para peserta dapat langsung berinteraksi dengan narasumber dalam sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Hingga berakhir acara, sebetulnya masih ada peserta yang ingin bertanya serta berdiskusi dalam workshop tersebut. Semoga dengan adanya worksop ini dapat memberikan manfaat untuk semua pihak yang terlibat, terutama pada bulan suci Ramadhan yang penuh dengan kebaikan & keberkahan ini, Aamiin. (shq-tho)

8 Comments
  1. […] Baca juga: Universitas BSI Sukabumi Sharing Ilmu Editing Foto dalam Berbagi Sesama Insan […]

  2. […] Baca Juga : Universitas BSI Sukabumi Sharing Ilmu Editing Foto dalam Berbagi Sesama Insan […]

  3. […] Baca Juga : Universitas BSI Sukabumi Sharing Ilmu Editing Foto dalam Berbagi Sesama Insan […]

  4. […] Baca Juga : Universitas BSI Sukabumi Sharing Ilmu Editing Foto dalam Berbagi Sesama Insan […]

  5. […] Baca Juga : Universitas BSI Sukabumi Sharing Ilmu Editing Foto dalam Berbagi Sesama Insan […]

  6. […] Baca Juga: Universitas BSI Sukabumi Sharing Ilmu Editing Foto dalam Berbagi Sesama Insan […]

  7. […] Baca Juga : Universitas BSI Sukabumi Sharing Ilmu Editing Foto dalam Berbagi Sesama Insan […]

  8. […] Baca Juga : Universitas BSI Sukabumi Sharing Ilmu Editing Foto dalam Berbagi Sesama Insan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.